Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA BUDAYA DAN PARIWISATA KABUPATEN INDARGIRI HILIR DALAM MEMPROMOSIKAN HUTAN MANGROVE

Ade Kurniawan, Ade (2023) STRATEGI DINAS PEMUDA DAN OLAHRAGA BUDAYA DAN PARIWISATA KABUPATEN INDARGIRI HILIR DALAM MEMPROMOSIKAN HUTAN MANGROVE. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)

Abstract

Diantara wisata yang potensial di Kabupaten Indragiri Hilir adalah hutan mangrove. Namun, dari tahun ke tahun wisata ini mengalami penurunan. Maka perlu dilaksanakan analisis pada strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Indargiri Hilir dalam mengembangkan wisata hutan mangrove. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Dinas Pemuda dan Olahraga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Indargiri Hilir Dalam Mempromosikan Hutan Mangrove. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan informan penelitian dari pihak Dinas Pemuda dan Olahraga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Indargiri Hilir dan beberapa pengunjung di kawasan wisata hutan mangrove. Hasil menyatakan bahwa promosi wisata hutan mangrove terdiri dari sebagai berikut: Pada strategi periklanan terbagi menjadi 3 bentuk. Pertama adalah iklan melalu media elektronik seperti Televisi dan Radio, Iklan melalui Media cetak Koran, dan Melalui mulut ke mulut. Pada strategi sales promotion dilaksanakn dengan melaksanakan even menarik di kawasan hutan mangrove seperti festival musik, panggung ceria, dan pergelaran kuliner khas. Strategi dari penjualan perseorangan dengan menggunakan kerjasama dengan pihak pelaku wisata. Kerjasama ini dilaksanakan dengan membuat paket wisat mulai dari perjalanan wisata, penginapan disekitar hutan, pendampingan dan penjelasan dari pentingnya hutan mangrove untuk alam, dan pengenalan hasil olahan dari hutan mangrove tersebut. Hubungan masyarakat diwujudkan dengan mengajak sekolah menjadikan kawasan hutan mangrove sebagai kawasan pembelajaran berbasis kearifan lokal. Selain itu, hubungan masyarakat juga dilaksanakn dengan mengajak masyarakat bersama menjaga kelestarian hutan mangrove. Terakhir melalui direct marketing yang diwujudkan dengan melaksanakan sosialisasi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Budaya dan Pariwisata Kabupaten Indargiri Hilir yaitu dengan melakukan sosialisasi langsung ke desa-desa yang dekat keberadaanya dengan lokasi mengenai pentingnya mengelola destinasi wisata karena merupakan aset pendapatan terbesar setiap daerah. Selain itu, kegiatan juga dilaksanakan dengan rutin mengikuti pamrean wisata contoh pameran nasional yang diadakan yaitu Expo, disitu kami mengenalkan hutan megrov serta mengisi stand yang disediakan di pameran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Wisata, Strategi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:02
Last Modified: 20 Jul 2023 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73916

Actions (login required)

View Item View Item