Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANCANGAN ALAT PENGERING (OVEN DRYER) GAMBIR DENGAN BAHAN BAKAR GAS MENGGUNAKAN METODE REVERSE ENGINEERING (STUDI KASUS : UKM GAMBIR DALMI BANDUR PICAK)

HAVIZA SAFIRA, - (2023) PERANCANGAN ALAT PENGERING (OVEN DRYER) GAMBIR DENGAN BAHAN BAKAR GAS MENGGUNAKAN METODE REVERSE ENGINEERING (STUDI KASUS : UKM GAMBIR DALMI BANDUR PICAK). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALLI BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

UKM Gambir Dalmi adalah salah satu UKM pembuatan gambir yang terletak Desa Bandur Picak, Kecamatan Koto Kampar Hulu. Gambir yang dihasilkan dari proses pengasapan membuat terbentuknya gambir berwarna coklat yang disebabkan asap kayu bakar yang dapat menempel membuat gambir menjadi gelap dan menyebabkan produk yang dihasilkannya memiliki bintik-bintik dan jamur membuat gambir menjadi menjadi lebih murah kurang dari 30%. Dari permasalahan diatas, maka perlu dirancang sebuah alat pengering atau oven pengering dimana oven ini bisa diaplikasikan sebagai alat pengering gambir maupun oven yang sesuai dengan kebutuhan petani gambir. . tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan rancangan alat pengering atau oven dryer dengan memakai dua alternatif. Dan untuk mengevaluasi keberhasilan alat hasil rancangan dari sisi kecepatan pengeringan (waktu), kemampuan beroperasi dikondisi berbeda dan untuk menghasilkan mutu produk yang baik dari sisi kualitas dan kuantitasnya. Metode Reverse engineering dapat dilakukan dengan redesign pada prinsip kinerja dari sebuah alat, objek, atau sistem dengan menganalisa struktur, fungsi, dan pengoperasian pada mesin. Melihat keputusan dan hasil pemilihan, maka di putuskan bahwa alat pengering memakai 2 alternatif yang berupa listrik dan gas dinilai untuk mempermudah pihak UKM dan mempercepat pengeringan gambir yang ada pada UKM. Kata Kunci: Alat pengering, Reverse engineering

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 21 Jul 2023 02:08
Last Modified: 21 Jul 2023 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73848

Actions (login required)

View Item View Item