Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

INOVASI PELAYANAN MELALUI SAMSAT TANJAK (ANTAR JEMPUT ANTAR KAMPUNG) PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PENGELOLAAN PENDAPATAN PANAM PEKANBARU

AZIZAH AINI, - (2023) INOVASI PELAYANAN MELALUI SAMSAT TANJAK (ANTAR JEMPUT ANTAR KAMPUNG) PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS (UPT) PENGELOLAAN PENDAPATAN PANAM PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img]
Preview
Text
azizah siap upload.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan pelayanan publik guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Di Pekanbaru, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Pendapatan Panam memperkenalkan inovasi pelayanan baru melalui Samsat Tanjak. Samsat Tanjak adalah program antar jemput antar kampung yang dirancang untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam membayar pajak kendaraan. Melalui program ini, petugas dari UPT Pengelolaan Pendapatan Panam Pekanbaru akan melakukan jemput bola atau datang langsung ke kampung-kampung. Hal ini bertujuan untuk mengurangi beban masyarakat dalam mengurus administrasi dan membayar pajak kendaraan. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan merupakan sumber data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian bahwa berdasarkan dari seluruh item penilaian yang ada bahwa inovasi pelayanan pembararan pajak Melalui Layanan Samsat Tanjak cukup memenuhi kriteria inovasi pelayanan publik menurut PERMENPAN-RB No 91 Tahun 2021 tentang pembinaan inovasi pelayanan publik. Dalam hal ini inovasi Samsat Tanjak telah memiliki kebaruan, efektif, bermanfaat, dapat ditranser/direplikasi, dan berkelanjutan meskipun masih belum optimal dikarena inovasi pelayanan Samsat Tanjak masih dikatakan baru diterapkan dan terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh para penyelenggara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.42 Metode Riset
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:29
Last Modified: 20 Jul 2023 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73839

Actions (login required)

View Item View Item