Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PEMIKIRAN WAHBAH AZ-ZUHAILI TENTANG KARAKTERISTIK AL-MUQARRABUN DALAM TAFSĪR AL-MUNĪR

IZZATUL MUJAHIDAH, - (2023) PEMIKIRAN WAHBAH AZ-ZUHAILI TENTANG KARAKTERISTIK AL-MUQARRABUN DALAM TAFSĪR AL-MUNĪR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Melihat kondisi saat sekarang ini kebanyakan manusia masih menganggap sepele apa yang diperintahkan dan dilarang oleh Allah, mereka tidak sadar bahwa di dalam Al-Quran telah disebutkan tentang mereka yang mendapat jaminan kedekatan dan didekati oleh Allah SWT karena perbuatan dan perilaku mereka yang disenangi Allah. Maka dari itu kita sebagai umat Islam harus bisa menyadari dan lebih mengetahui bagaimana karakteristik orang-orang yang dekat dengan Allah. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah studi kepustakaan (library research), penelitian ini menggunakan metode tematik, sumber data primer dalam penelitian ini adalah al-Tafsīr al-Munīr Karya Wahbah al-Zuḥailī, sedangkan data sekundernya di ambil dari buku-buku yang relevan dengan tema yang dibahas. Berdasarkan penilitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwasannya karakteristik orang-orang yang dekat dengan Allah dalam Alquran adalah Mentaati dan patuh Allah dan Rasul-Nya, Selalu bertasbih kepada Allah, Tidak angkuh dan letih beribadah kepada Allah, Selalu mengharap, Mengakui bahwa Allah lah Yang memberi mereka hidayah; petunjuk dan bimbingan, Memberikan harta yang dicintainya, Bersikap jujur, Membaca ayat-ayat Allah pada beberapa waktu di malam hari, sedang mereka juga bersujud, Memakmurkan bumi dan memenuhi haknya, Mengerjakan amal saleh. Cara mencapai tingkat al-Muqarrabundalam kehidupan sehari-hari yaitu selalu taat beribadah kepada Allah dengan sepenuh raga dan sepenuh rasa didalam setiap aktifitas. Kata kunci: Karakteristik, Al-Muqarrabun, Al-Munir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 21 Jul 2023 01:22
Last Modified: 21 Jul 2023 01:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73835

Actions (login required)

View Item View Item