Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kontekstualisasi Quarter Life Crisis dalam Pembinaan Remaja Perspektif Al-Qur’an (Tinjauan Pikologi)

Yosi Amelia Nasution, - (2023) Kontekstualisasi Quarter Life Crisis dalam Pembinaan Remaja Perspektif Al-Qur’an (Tinjauan Pikologi). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text
Bab Iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img]
Preview
Text
Bab I-V kecuali Bab iv.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Yosi Amelia Nasution (11930220952): “Kontekstualisasi Quarter Life Crisis dalam Pembinaan Remaja Perspektif Al-Qur’an (Tinjauan Psikologi)”. Quarter Life Crisis merupakan periode ketidakpastian dan penuh pertanyaan yang biasanya terjadi ketika orang merasa terjebak, tidak terinspirasi dan kecewa selama usia pertengahan 20-an hingga awal 30-an. Perasaan semacam ini sering muncul pada remaja yang terlalu memikirkan hal-hal yang belum pasti kejadiannya. Masalah dalam penelitian ini mengkaji bagaimana pandangan Al-Qur’an terhadap Quarter Life Crisis serta kontekstualisasinya dalam pembinaan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pandangan Al-Qur’an terhadap Quarter Life Crisis serta kontekstualisasinya dalam pembinaan remaja. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dan metodologi yang digunakan adalah studi tematik (maudhu’i). Bersumber dari data primer yaitu kitab tafsir klasik yang penulis gunakan yaitu tafsir ath-Thabari, tafsir Qurthubi dan kitab tafsir kontemporer yang penulis gunakan yaitu kitab tafsir al-Munir, al-Mishbah, dan tafsir kemenag, serta data sekundernya yaitu buku atau jurnal tentang Quarter Life Crisis, pembinaan remaja, buku psikologi dan psikologi Islam, dengan teknis analisis data deskriptif. Adapun hasil penelitian ini adalah 1) Quarter Life Crisis dalam Al-Qur’an dikatakan sebagai suatu cobaan dan ujian. Kemudian terdapat juga ayat yang membahas tentang larangan merasa takut dan bersedih hati, larangan berputus asa dari rahmat Allah, dan perintah untuk menjauhi prasangka buruk. Mengenai ayat tersebut diharapkan dapat menjadi pelajaran khususnya para remaja untuk tidak khawatir secara berlebihan terkait masa depan. 2) Ketakutan dalam Quarter Life Crisis berupa takut perihal masa depan, takut perihal jodoh dan takut perihal kehidupan akhirat. Kekhawatiran dan ketakutan-ketakutan tersebut Al-Qur’an memiliki solusi untuk menghadapinya sebagai pembinaan terhadap kekhawatiran, perihal ketakutan akan masa depan dengan cara bekerja dan menuntut ilmu, sedangkan ketakutan perihal jodoh dihadapi dengan berikhtiar dan menikah, selanjutnya ketakutan perihal kehidupan akhirat dihadapi dengan tidak pernah berputus asa dari rahmat Allah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 20 Jul 2023 05:03
Last Modified: 20 Jul 2023 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73829

Actions (login required)

View Item View Item