Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UJI HEDONIK SUSU PASTEURISASI DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA

AINAYA RESTI, - (2023) UJI HEDONIK SUSU PASTEURISASI DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK BUNGA TELANG (Clitoria ternatea L.) PADA KONSENTRASI YANG BERBEDA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAPKECUALI BAB IV.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Bunga telang adalah termasuk tumbuhan monokotil dan mempunyai bunga yang berwarna biru, putih, dan coklat. Susu skim merupakan bagian susu yang tertinggal setelah diambil krim susunya atau sering disebut sebagai susu tanpa lemak maupun susu bebas lemak. Proses pasteurisasi dilakukan dengan cara pemanasan dengan tujuan untuk membunuh bakteri patogen yang dapat membahayakan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji hedonik (mutu hedonik dan tingkat kesukaan) susu skim pasteurisasi yang ditambahkan ekstrak bunga telang pada konsentrasi berbeda. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah susu skim bubuk sebanyak 3 kg dan bunga telang kering sebanyak 150g. Penelitian ini bersifat eksperimen yang menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan 4 perlakuan dan 2 ulangan. Perlakuan adalah penambahan ekstrak bunga telang yang terdiri atas P0 (0%), P1 (5%), P2 (10%), dan P3 (15%) . Parameter penelitian ini adalah uji mutu hedonik dan tingkat kesukaan terhadap warna, rasa, kekentalan, dan aroma. Data dianalisis secara statistik dengan analisis ragam dan apabila perlakuan berpengaruh nyata dilanjutkan dengan uji wilayah ganda Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penambahan ekstrak bunga telang sampai level 15% memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap mutu hedonik yang meliputi warna dan aroma, sedangkan pada kekentalan dan rasa tidak berpengaruh nyata (P>0,05), tingkat kesukaan juga memberikan pengaruh sangat nyata (P<0,01) terhadap warna dan rasa, sedangkan pada kekentalan dan aroma tidak berpengaruh nyata (P>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah penambahan ekstrak bunga telang sampai dengan 15% dapat meningkatkan mutu hedonik pada atribut warna dan aroma, serta tingkat kesukaan pada atribut warna dan rasa. Perlakuan terbaik adalah P2 dengan penambahan 10% ekstrak bunga telang karena menghasilkan susu skim pasteurisasi dengan mutu hedonik dan tingkat kesukaan tertinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Pertanian dan Peternakan > Peternakan
Depositing User: fapertapet -
Date Deposited: 19 Jul 2023 13:24
Last Modified: 19 Jul 2023 13:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73819

Actions (login required)

View Item View Item