Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD IT FADHILAH PEKANBARU

LUSI WIDIANI, - (2023) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD IT FADHILAH PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE LENGKAP KECUALI HASIL PENELITIAN (BAB IV).pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
FILE HASIL PENENTIIAN (BAB IV).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

LUSI WIDIANI (2023) : PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE ROUND ROBIN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD IT FADHILAH PEKANBARU Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara peserta didik pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode kooperatif tipe round robin di kelas V SD IT Fadhilah Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang subjeknya adalah seorang guru dan 27 orang peserta didik dan subjeknya adalah metode kooperatif tipe round robin dan keterampilan berbicara peserta didik. Peneliti ini dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, dan dokumentasi, sementara analisisnya dilakukan melalui teknik analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Hasil peneliti menunjukan bahwa sebelum tindakan perbaikan pembelajaran dilakukan, nilai rata-rata keterampilan berbicara peserta didik hanya mencapai angka 41 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan perbaikan pembelajaran pada siklus I, nilai rata-ratanya meningkat menjadi 57 atau berada pada kategori cukup, dan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat kembali hingga mencapai angkat 84 atau sudah berada pada kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe round robin dapat meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD IT Fadhilah Pekanbaru. Kata Kunci : Metode Kooperatif Tipe Round Robin, Keterampilan Berbicara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:26
Last Modified: 20 Jul 2023 03:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73818

Actions (login required)

View Item View Item