Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL DICSOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN CENDEKIA BANGKINANG KOTA

NADA AMELIA, - (2023) PENERAPAN MODEL DICSOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV PADA MUATAN PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU INSAN CENDEKIA BANGKINANG KOTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (775kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NADA AMELIA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nada Amelia, (2022): Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Cendekia Bangkinang Kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kerampilan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui penerapan model pembelajaran discovery learning di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Cendekia Bangkinang Kota. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 17 orang siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Cendekia Bangkinang Kota. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran discovery learning dan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisi data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat pada sebelum dilakukan tindakan nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa mencapai 56,98 atau berada pada kategori rendah. Kemudian dilakukan tindakan pada siklus I, rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 67,27 atau berada pada kategori cukup baik. Kemudian pada siklus II, rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan menjadi 76,47 atau berada pada kategori baik. Hal ini berarti sudah mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Cendekia Bangkinang Kota. Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Keterampilan Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:48
Last Modified: 20 Jul 2023 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73788

Actions (login required)

View Item View Item