Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI IV SDIT AL-GIBRANI KAMPAR

AMELIA SANTI DEWI PUTRI, - (2023) PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI IV SDIT AL-GIBRANI KAMPAR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (922kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AMELIA SANTI DEWI PUTRI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Amelia Santi Dewi Putri, (2023) : Penerapan Metode Peer Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SDIT Al-Gibrani Kampar Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui metode peer teaching pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDIT Al-Gibrani Kampar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berbicara siswa seperti rendahnya pelafalan kalimat pada saat proses pembelajaran, intonasi dalam berbicara, kosakata dalam mengungkapkan pendapat, sulit mengungkapkan kembali hafalan, serta mimik wajah dalam berbicara datar saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa SDIT Al-Gibani Kampar. Objek penelitian ini adalah metode peer teaching dan kemapuan berbicara siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, tiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi, tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kuakitatif dengan persentase. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa sebelum tindakan masih rendah yaitu hanya mencapai 46% atau kategori sangat kurang. Setelah dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan metode peer teaching pada siklus I, kemampuan berbicara siswa meningkat menjadi 73% atau kategori baik. Pada siklus II kemampuan berbcara siswa mengalami peningkatan kembali, menjadi 87% atau kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan peer teaching dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDIT Al-Gibrani Kampar. Pada penelitian ini indikator kemapuan berbicara yang paling meningkat adalah lafal dan intonasi saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya (Peer Teaching), Kemampuan Berbicara siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:33
Last Modified: 18 Jul 2023 01:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73771

Actions (login required)

View Item View Item