Rafiqah Rahmadhanty, - (2023) PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KOTA PEKANBARU DITINJAU DARI STATUS KEPEGAWAIAN, RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
rafiqah tesis ok-96-120.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
rafiqah tesis ok_removed.pdf Download (14MB) | Preview |
Abstract
PERBEDAAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEING GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KOTA PEKANBARU DITINJAU DARI STATUS KEPEGAWAIAN, RELIGIUSITAS DAN DUKUNGAN SOSIAL Rafiqah Rahmadhanty rafiqahrahmadhanty@gmail.com Magister Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ABSTRAK Guru merupakan sosok penting dalam memberikan pendidikan formal, terutama pada anak usia dini. Salah satu aspek penting pada guru yang perlu diperhatikan adalah psychological well-being. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan perbedaan psychological well-being pada guru TK di Kota Pekanbaru ditinjau dari status kepegawaian, religiusitas dan dukungan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis komparasi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 174 guru TK di Kota Pekanbaru yang ditentukan dengan teknik Cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Chi square dan Kruskal wallis H. Pengumpulan data menggunakan beberapa skala, yaitu: 1) Skala psychological well-being yang dibuat oleh peneliti berdasarkan aspek-aspek yang dikemukakan oleh Ryff (2014), 2) Skala religiusitas berdasarkan aspekaspek religiusitas oleh Glock dan Stark yang dimodisikasi dari Zulfan (2021)dan 3) Skala dukungan sosial berdasarkan aspek-aspek dukungan sosial oleh Sarafino (2011) yang diadaptasi dari Zulfan (2021). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tidak terdapat perbedaan psychological well-being pada guru TK di Kota Pekanbaru ditinjau dari status kepegawaian, 2) Terdapat perbedaanpsychological well-being pada guru TK di Kota Pekanbaru ditinjau dari religiusitas dan 3) Terdapat perbedaan psychological well-being pada guru TK di Kota Pekanbaru ditinjau dari dukungan sosial. Kata kunci: Psychological well-being, Status Kepegawaian, Religiusitas, Dukungan Sosial, Guru TK
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi-S2 |
Depositing User: | fpsi - |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 07:13 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 07:13 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73770 |
Actions (login required)
View Item |