Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

REALISASI UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA TERHADAP PEMBANGUNAN DI DESA TANJUNG BUNGO KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH

RAHMAD NURUL IKHSAN, - (2023) REALISASI UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA TERHADAP PEMBANGUNAN DI DESA TANJUNG BUNGO KECAMATAN KAMPA KABUPATEN KAMPAR DALAM PERSPEKTIF FIQIH SIYASAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHMAD NURUL IKHSAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis untuk melakukan analisa terhadap Undang-undang Desa, kemudian penulis hendak melakukan pengamatan secara mendalam terkait progress pembangunan yang dilakukan di desa penulis tinggal yaitunya Desa Tanjung Bungo, Kecamatan Kampa, Kabupaten Kampar. Pada penelitian ini penulis ingin melihat Bagaimana Realisasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 83 ayat 2 dan 3 tentang Desa Terhadap Pembangunan Di Desa Tanjung Bungo Kecamatan Kampa Kabupaten Kampar dan seperti apa dalam pandangan fiqh siyasah. Subjek dalam penelitian ini adalah pemerintah desa sebagai pelaksana aturan, sedangkan objek penelitian adalah proses pembangunan sebagai implementasi dari Undang-Undang Desa. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, yang menjadi instrumennya adalah peneliti itu sendiri sehingga untuk dapat menjadi instrumen maka peneliti harus memiliki bekal teori dan wawasan yang luas sehingga mampu bertanya, menganalisis, dan mengkrontruksi obyek yang diteliti menjadi lebih jelas dan bermakna. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pemerintah Desa Tanjung Bungo sudah mengikuti ketentuan yang termuat dalam UU No 6 Tahun 2014, selama beberapa tahun belakangan terjadi perbaikan pada siklus pembangunan. Apabila ditinjau dari segi fiqh siyasah maka kinerja pemerintah desa sudah sesuai dengan kaidah-kaidah siyasah dusturiyyah. Kata Kunci: Desa, Pembangunan, Fiqh Siyasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum > 342.598 Hukum Konstitusi di Indonesia, Hukum Tata Negara Indonesia
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:57
Last Modified: 18 Jul 2023 08:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73747

Actions (login required)

View Item View Item