Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERAN TOKOH AGAMA DALAM MEMBINA KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA (DI DESA SIMPANG BUNTAL KECAMATAN TANJUNG MEDAN KABUPATEN ROKAN HILIR)

NUR HARIATUN HASANAH, - (2023) PERAN TOKOH AGAMA DALAM MEMBINA KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA (DI DESA SIMPANG BUNTAL KECAMATAN TANJUNG MEDAN KABUPATEN ROKAN HILIR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV NUR HARIATUN HASANAH.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BABIV)
SKRIPSI BAB IV NUR HARIATUN HASANAH.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)

Abstract

ABSTRAK Nur Hariatun Hasanah : Peran Tokoh Agama Dalam Membina Kerukunan Antar Umat Beragama Islam dan Kristen Kabupaten Rokan Hilir Penelitian ini berjudul ”Peran Tokoh Agama Dalam Membina Kerukunan Antar Umat Beragama di Desa Simpang Buntal Kecamatan Tanjung Medan Kabupaten Rokan Hilir” Penelitian ini dilatar belakangi bahwa Peran tokoh agama sangat dibutuhkan dalam keragaman agama untuk membimbing masyarakat dalam membina kerukunan antar umat beragama dan tokoh agama mengajarkan pada masyarakat tentang kerukunan antar umat beragama saling menghargai satu sama lain. Jenis penelitian ini adalah lapangan (Field Research) pengambilan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi. metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Peran Tokoh Agama di Desa Simpang Buntal telah berfungsi dengan baik sedangkan yang menjadi faktor pendukung dan penghambatnya adalah kesadaran masyarakat dalam memahami kerukunan cukup baik dan selama ini juga desa Simpang Buntal sangat rukun dan damai kehidupan masyarakat walaupun didalamnya terdapat berbagai macam-macam suku. Kurangnya kesadaran masyarakat dalam memahami tentang kerukunan yang disebabkan oleh tingkat pendidikan masyarakat disamping itu juga masyarakat kurang peduli. Kata kunci : Peran, Tokoh Agama, Membina Kerukunan Antar Umat Bergama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Studi Agama-Agama
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 20 Jul 2023 02:55
Last Modified: 20 Jul 2023 02:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73746

Actions (login required)

View Item View Item