Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PRAKTIK AKAD JUAL BELI AKUN PREMIUM NETFLIX PADA INSTAGRAM DITINJAU MENURUT FIQH MUAMALAH (Studi Kasus Mahasiswa/I Program Studi Hukum Ekonomi Syariah UIN SUSKA Riau)

MUHAMMAD ARDIANSYAH, - (2023) PRAKTIK AKAD JUAL BELI AKUN PREMIUM NETFLIX PADA INSTAGRAM DITINJAU MENURUT FIQH MUAMALAH (Studi Kasus Mahasiswa/I Program Studi Hukum Ekonomi Syariah UIN SUSKA Riau). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ARDIANSYAH.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Muhammad Ardiansyah, 2023: Praktik Akad Jual Beli Akun Premium Netflix Pada Instagram Ditinjau Menurut Fiqh Muamalah (Studi Kasus Mahasiswa/I Program Studi Hukum Ekonomi Syariah UIN SUSKA Riau) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang banyak terjadi terhadap praktik jual beli yang mengalami perkembangan yang tidak sesuai dengan syariat hukum Islam. Seperti pada praktik jual beli akun premium suatu aplikasi di media sosial Instagram dimana pada praktik jual beli ini terdapat beberapa hal yang bertolak belakang dengan rukun-rukun jual beli pada Islam. Adapun yang menjadi objek dari penelitian ini adalah praktik jual beli akun premium netflix pada instagram ditinjau menurut fiqh muamalah. Oleh karena itu peneliti ingin mengetahui bagaimana mekanisme jual beli akun premium netflix pada instagram ini. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap praktik akad jual beli akun premium netflix pada instagram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research yaitu penulis meneliti langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data dalam penelitian. Subjek data dalam penelitian ini adalah Mahasiswa/I Program Studi Hukum Ekonomi Syariah. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Kemudian teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisa data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan serta menggambarkan data yang telah terkumpul untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme praktik jual beli akun premium netflix pada instagram ini apabila ditinjau menurut fiqh muamalah terdapat kekeliruan pada akad bahwasannya praktik jual beli ini tidak sepenuhnya jual beli melainkan ada beberapa transaksi sewa-menyewa (ijarah). Karena pada praktik jual beli ini tidak semuanya bersifat jual beli dan ada transaksi sewa-menyewa maka hak milik pembeli terhadap akun yang dibelipun tidak hanya milik pembeli sepenuhnya melainkan terdapat beberapa akun yang hanya dimiliki manfaatnya saja oleh pembeli. Oleh karena itu, pihak penjual dan pembeli akun premiun netflix pada instagram ini harus benar-benar mengetahui dan menerapkan mekanisme rukun-rukun jual beli sesuai syariat Islam sehingga tidak ada gharar dan dharar. Kata Kunci : Fiqh Muamalah, Jual Beli, Netflix, Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 18 Jul 2023 08:28
Last Modified: 18 Jul 2023 08:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73742

Actions (login required)

View Item View Item