Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 BANGKINANG KOTA

RINDANG ASRI, - (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 BANGKINANG KOTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB 1-BAB V.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Bangkinang Kota. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang merasa kesulitan saat memahami materi pelajaran, kondisi proses pembelajaran siswa hanya mampu menyajikan hapalan yang baik saja terhadap materi ajar yang diterima tetapi tidak mampu memahami serta mengaplikasikannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif quasi eksperimen dengan desain nonequivalen control design, subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XII SMAN 1 Bangkinang Kota, sedangkan objeknya adalah pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling diperoleh 2 kelas yaitu kelas XII IPS 1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa dan kelas XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil posttest sebesar 78,14 pada kelas eksperimen dan 67,78 pada kelas kontrol. Adapun data hasil tes dianalisis menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Analisis uji-t penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran ekonomi. Diketahui dengan taraf signifikan 5% (1,995) diperoleh bahwa t_hitung> t_(tabel ) atau 4,011 > 1,995 dengan demikian H_(a )diterima dan H_(0 )ditolak yang berarti terdapat perbedaan antara pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 1 Bangkinang Kota. Berdasarkan uji N-Gain diperoleh nilai N-Gain kelas eksperimen 0,67 dan kelas kontrol 0,53 yang termasuk pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:57
Last Modified: 18 Jul 2023 07:57
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73737

Actions (login required)

View Item View Item