Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KECUKUPAN GIZI BEKAL MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK FAJAR BUNDA DESA ROKAN TIMUR KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU

Syaida Marpuah, Syaida (2023) ANALISIS KECUKUPAN GIZI BEKAL MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK FAJAR BUNDA DESA ROKAN TIMUR KECAMATAN ROKAN IV KOTO KABUPATEN ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di Taman Kanak-Kanak Fajar Bunda Desa Rokan Timur Kecamatan Rokan VI Koto Kabupaten Rokan Hulu aktivitas belajar anak dalam perkembangannya diperlukan keucukupan gizi yang dikonsumsi setiap harinya, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola makanan yang mengandung gizi dalam meningkatkat aktivitas belajar anak usia dini. Populasi penelitian ini berjumlah 20 orang anak, sehingga sampel penelitian ini 10 orang anak sebagai eksperimen. Penelitian ini dikategorikan penelitian Kualitatif dengan metode melakukan penelitian lapangan (Field Research) yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data dari lapangan dan informasi di Taman Kanak-Kanak Fajar Bunda. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Taman Kanak-Kanak Fajar Bunda. Untuk mengetahui seberarapa besar pengaruh kecukupan gizi makanan terhadap meningkatkan aktivitas belajar anak usia dini. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan data dan informasi yang didapatkan konsumsi makanan seperti buah dan sayur 55% sangat berkembang, nasi goreng/mie goreng 25% baik berkembang, sosis/nugget 15% cukup berkembang dan jajan 5% berkembang. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan adanya kecukupan gizi pada anak usia dini dapat meningkatkan aktivitas anak dalam belajar. Jadi dapat di simpulkan dari hasil penelitian bahwa terdapat pengaruh dalam kecukupan gizi makanan yang dikonsumsi dalam meningkatkan aktivitas belajar anak usia dini di Taman Kanak-Kanak Fajar Bunda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: makanan, kecukupan gizi, aktivitas belajar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:27
Last Modified: 18 Jul 2023 07:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73726

Actions (login required)

View Item View Item