Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN METODE ASY-SYAFI’I ILMU TAJWID PRAKTIS DALAM PROGRAM TAHSIN BACAAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN NURUDDIN ISLAMIC BOARDING SCHOOL KAMPAR KIRI

JEPRIADI, - (2023) PENERAPAN METODE ASY-SYAFI’I ILMU TAJWID PRAKTIS DALAM PROGRAM TAHSIN BACAAN AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN NURUDDIN ISLAMIC BOARDING SCHOOL KAMPAR KIRI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB I-BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (962kB)

Abstract

Perintah membaca al-Qur’an dengan tartil mengandung pengertian keharusan membaca al-Qur’an dengan sebaik-baiknya atau membaca al-Qur’an dengan tajwid. Untuk mampu membaca al-Qur’an dengan tartil, bukanlah sesuatu hal yang mudah dan bisa didapatkan dengan instan, dibutuhkan ketekunan dan waktu belajar yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui deskripsi Tahsin bacaan al-Qur’an santri Pondok Pesantren Nuruddin Islamic Boarding School Kampar kiri dan juga Untuk mengetahui Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat Tahsin bacaan al-Qur’an di pondok pesantren nuruddin islamic boarding school kampar kiri. Populasi yang akan digunakan sebagai penelitian adalah santriwan/wati di pondok pesantren Nuruddin islamic boarding school kampar kiri, dan menggunakan teknik simple random sampling dalam pemilihan sample. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Data utama diambil dari hasil wawancara dengan Pimpinan/Wakil Pimpinan Pondok Pesantren Nuruddin, pengasuh asrama, dan salah satu Tenaga Pengajar Pondok Pesantren Nuruddin Kampar kiri. Sedangkan data sekunder berasal dari jurnal dan buku-buku yang memuat tentang Metode Bacaan Tahsin Al-Qur’an. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Proses pembelajaran Tahsin Al-Qur’an melalui tiga tahapan yaitu kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. (2) Penerapan Metode Asy-syafi’I bertujuan agar santri lebih memahami kaidah-kaidah dalam ilmu tajwid dan mampu mengucapkan huruf dengan mekhorijul yang baik dan benar.(3) Kendala dalam menerapkan metode Asy-Syafi’I pada program tahsin Al-Qur’an di pondok pesantren Nuruddin yaitu guru mengalami kesulitan dalam membagi waktu pembelajaran, sedangkan santri merasa jenuh dan bosan saat pembelajaran berlangsung karena kurangnya motivasi pada diri santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:20
Last Modified: 18 Jul 2023 04:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73704

Actions (login required)

View Item View Item