Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MELALUI MEDIA STRIP STORY DI KELAS VIII D MTS PON-PES ALMUNAWWARAH PEKANBARU

Ade Ariandi Saputra (2011) MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MELALUI MEDIA STRIP STORY DI KELAS VIII D MTS PON-PES ALMUNAWWARAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011343.pdf

Download (759kB) | Preview

Abstract

Persoalan tidak aktifnya siswa dalam belajar, terutama dalam dalam belajar Bahasa Arab merupakan salah satu persoalan pendidikan yang harus dicari solusinya oleh pihak terkait, terutama guru yang mengajarkan mata pelajaran Bahasa Arab. Karena ketidakaktifan siswa dalam belajar akan berdampak negatif pada pada hasil belajar atau prestasi para siswa dan akhirnya memperburuk reputasi pondok pesantren, karena bahasa arab merupakan mahkota bagi setiap pondok pesantren. Supaya hal ini tidak larut dalam waktu yang lama dialami oleh peserta didik, maka peneliti menawarkkan salah satu solusi untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar Bahasa Arab salah satunya dengan menggunakan media Strip Story. Melalui media Strip Story diharapkan para siswa dapat belajar Bahasa Arab lebih aktif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII d MTs Pondok Pesantren Al-Munawwarah Pekanbaru yang berjumlah 21 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah aktifitas siswa dalam belajar Bahasa arab. dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Setelah melakukan observasi sebelum dan sesudah tindakan, persentase hasil belajar, pelaksanaan pembelajaran dan tindakan harian maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Strip Story dapat meningkatkan keaktifan Siswa dalam belajar Bahasa arab. Hal ini dapat dilihat dari : 1. Sebelum tindakan Keaktifan siswa dalam belajar Bahasa Arab rata-rata 51, 78 %. 2. Setelah tindakan keaktifan siswa dalam belajar Bahasa Arab menjadi 87, 50 % Ini berarti keaktifan siswa dalam belajar Bahasa Arab meningkat 35, 72 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 12 Jan 2016 09:02
Last Modified: 12 Jan 2016 09:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/737

Actions (login required)

View Item View Item