HERTINI, - (2023) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DUA KERITANG INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
||
|
Text
SKRIPSI HERTINI.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Hertini, (2023) Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Indragiri Hilir Penelitian ini mengkaji tentang Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Keritang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: Pertama, bagaimanakah strategi kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin peserta didik di SMP Negeri 2 Keritang. Kedua, faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi dalam meningkatkan disiplin peserta didik di SMP Negeri 2 Keritang. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriprif kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru BK dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data penelitian ini dianalisis melalui reduksi data, display data, dan kesimpulan/verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh kepala sekolah SMP Negeri 2 Keritang dalam meningkatkan disiplin peserta didik yaitu: Pertama, membuat tata tertib yang jelas dan disosialisasikan kepada peserta didik maupun orang tua/wali murid. Kedua, memberikan keteladanan kepada peserta didik agar mereka dapat mencontoh sikap disiplin yang dilakukan oleh kepala sekolah dan guru-guru. Ketiga, kepala sekolah selalu mengingatkan kepada peserta didik untuk selalu mematuhi tata tertib peraturan yang berlaku disekolah. Keempat, bekerjasama dengan guru-guru untuk mengawasi tingkah laku peserta didik. Kelima, memberikan kegiatan tambahan (tadarus AL-Qur’an dan sholat zuhur berjamaah) yang bertujuan untuk menanamkan sikap disiplin di dalam diri setiap peserta didik, dan melakukan evaluasi. Faktor yang mempengaruhi yaitu masih kurangnya kesadaran peserta didik untuk menerapkan sikap disiplin. Kurangnya kesadaran ini dikarenakan kurangnya perhatian dari orang tua, keluarga merupakan faktor yang mempengaruhi tumbuhnya sikap disiplin pada peserta didik. Selain itu lingkungan sekitar, juga sangat mempengaruhi tingkah laku peserta didik. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Disiplin, Peserta Didik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 02:37 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 02:37 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73698 |
Actions (login required)
View Item |