Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERINTEGRASI KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA MTs

YUNI TRIA NINGSIH, -. (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN METAKOGNITIF TERINTEGRASI KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS BERDASARKAN SELF REGULATED LEARNING SISWA MTs. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
kecuali bab 4.pdf

Download (32MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran Metakognitif terintegrasi keislaman dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional, mengetahui perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Metakognitif terintegrasi keislaman dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari self regulated learning siswa serta mengetahui ada tidaknya pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan self regulated learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Hikmah dengan sampel VII.H sebagai kelas kontrol dan VII.E sebagai kelas eksperimen. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Pengumpulan data berupa angket self regulated learning, tes kemampuan berpikir reflektif matematis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pembelajaran Metakognitif terintegrasi keislaman dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; 2) terdapat perbedaan kemampuan berpikir reflektif matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran Metakognitif terintegrasi keislaman dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional jika ditinjau dari self regulated learning siswa; 3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan self regulated learning dalam mempengaruhi kemampuan berpikir reflektif matematis siswa. Hasil penelitian ini dapat dimanfaatkan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas terutama dalam meningkatkan kemampuan berpikir reflektif matematis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:31
Last Modified: 18 Jul 2023 02:31
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73683

Actions (login required)

View Item View Item