Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

E-MARKETING AKUN INSTAGRAM @INFO.BARANGBEKASPEKANBARU SEBAGAI PLATFORM PAID PROMOTE BARANG BEKAS DI KOTA PEKANBARU

MUHAMMAD YANDRA, - (2023) E-MARKETING AKUN INSTAGRAM @INFO.BARANGBEKASPEKANBARU SEBAGAI PLATFORM PAID PROMOTE BARANG BEKAS DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB V.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Nama: Muhammad Yandra Prodi: Ilmu Komunikasi Judul: E-Marketing Akun Instagram @info.barangbekaspekanbaru Sebagai Platform Paid Promote Barang Bekas di Kota Pekanbaru E-marketing adalah bentuk perkembangan dari komunikasi pemasaran yang memanfaatkan jaringan internet. Instagram menjadi salah satu media sosial yang mampu menunjang kegiatan e-marketing. Tingginya penggunaan media sosial instagram dengan jumlah pengguna mencapai 84,8% dari total populasi penduduk di Indonesia pada saat ini mengakibatkan banyak orang memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai alat penunjang kegiatan bisnis. Paid promote merupakan model bisnis e-marketing yang menyediakan promosi brand/jasa dengan pendapatan diperoleh dari biaya penjualan penempatan iklan pada satu akun media sosial. Salah satu akun instagram yang memiliki pengikut yang banyak dan memanfaatkan peluang tersebut sebagai tempat penyedia jasa paid promote adalah akun instagram @info.barangbekaspekanbaru. Akun instagram @info.barangbekaspekanbaru membuka jasa paid promote barang bekas di sekitaran Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini yaitu unutk mengetahui bagaimana e-marketing yang dilakukan akun instagram @info.barangbekaspekanbaru sebagai platform paid promote barang bekas di Kota Pekanbaru dengan menggunakan teori bauran komunikasi pemasaran 7P yang dikemukakan Kotler dan Keller dan teori IMC (integarated marketing communication) untuk mengukapkan komunikasi yang dilakukan dalam proses bauran promosi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan jumlah informan sebanyak 6 orang, 1 orang pengelola akun, dan 5 orang konsumen/pengguna jasa paid prmote. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa e-marketing akun instagram @info.barangbekaspekanbaru sebagai platform paid promote barang bekas di Kota Pekanbaru meliputi; jasa dan barang bekas sebagai produk, harga terjangkau, instagram dan alamat sebagai lokasi, menggunakan periklanan, pemasaran langsung, dan pemasaran interaktif dalam proses komunikasi dalam promosi, memiliki 4 anggota sebagai sumber daya manusia, menggunakan laptop dan smartphone sebagai fasilutas fisik, dan memberikan template deskripsi barang sebagai kemudahan dalam proses e-marketing yang dilakukan. Kata kunci: E-Marketing, Instagram, Paid Promote

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:36
Last Modified: 18 Jul 2023 01:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73682

Actions (login required)

View Item View Item