Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENAFSIRAN KHAUF DAN KHASHYAH MENURUT M. QURAISH SHIHAB SERTA RELEVANSINYA DENGAN KESEHATAN MENTAL

MUHAMMAD WAHYUDI, - (2023) PENAFSIRAN KHAUF DAN KHASHYAH MENURUT M. QURAISH SHIHAB SERTA RELEVANSINYA DENGAN KESEHATAN MENTAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV MUHAMMAD WAHYUDI.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV MUHAMMAD WAHYUDI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang membahas tentang khauf, khashyah serta kesehatan mental dengan memfokuskan pembahasan terkait tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Pembahasan tentang ayat-ayat yang berkaitan tentang kesehatan mental dalam Al-Qur’an. Kondisi kesehatan mental yang rentang dapat memicu kesepian, kecemasan, perilaku menyimpang, serta gejala psikosomatis. Dalam penulisan ini, yang mendorong penyusun mengangkat tema ini, adalah : 1). Makna khauf dan khashyah adalah suatu istilah yang banyak disebutkan di dalam Al-Qur’an dengan golongan lafadz mutaradif yaitu takut. 2). Tafsit al-misbah merupakan karya dari Muhammad Quraish Shihab yang merupakan ahli tafsir di Indonesia.3). Kesehatan mental yang mempengaruhi makna khauf dan khashyah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library research), jenis penelitian telaah pustaka adalah penelitian yang bersifat kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan tematik/maudhu’I. Dalam menganalisis data menggunakan metode analisis data yang bersifat deskriftif-analisis serta sumber data primer yang digunakan yaitu Tafsir Al-Misbah karya M. Quraish Shihab. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan pertama,kesehatan mental mempunyai hubungan yang erat dengan kata khauf dan khashyah dalam memperoleh kesehatan mental yang hakiki. Kedua, konsep kesehatan mental perspektif Quraish Shihab diuraikan dengan kebutuhan psikologis, keimanan, dan keamanan. Ketiga, menurut Quraish Shihab makna khasyyah dikhususkan kepada para Nabi Allah SWT dan ulama. Keempat, implikasi khauf, khashyah dan kesehatan mental dapat meningkatkan munasabat diri serta kemantapan iman seseorang kepada Allah SWT. Kata kunci: khauf, khashyah, kesehatan mental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:28
Last Modified: 17 Jul 2023 07:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73646

Actions (login required)

View Item View Item