Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN AKUNTANSI RUMAH TANGGA DAN PENGELOLAAN KEUANGAN RUMAH TANGGA SECARA ISLAMI ( Studi pada Pasangan Usia Muda di Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir)

Bunga Rahayu, - (2023) PENERAPAN AKUNTANSI RUMAH TANGGA DAN PENGELOLAAN KEUANGAN RUMAH TANGGA SECARA ISLAMI ( Studi pada Pasangan Usia Muda di Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img]
Preview
Text
TANPA BAB V.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENERAPAN AKUNTANSI RUMAH TANGGA DAN PENGELOLAAN KEUANGAN RUMAH TANGGA SECARA ISLAMI ( Studi pada Pasangan Usia Muda di Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir) Oleh: Bunga Rahayu NIM. 11970320333 Konsentrasi Akuntansi Syari’ah Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN SUSKA RIAU i ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana penerapan akuntansi dalam rumah tangga dan bagaimana penerapan pengelolaan keuangan rumah tangga secara islami terhadap keharmonisan rumah tangga. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini yaitu karena semakin meningkatnya angka perceraian akibat masalah ekonomi yang terjadi di Indonesia, terutama pada pasangan usia muda yang mengharuskan untuk menerapkan akuntansi sederhana di dalam rumah tangganya. Berdasarkan fenomena yang terjadi, peran ibu rumah tangga sangat penting dalam mengelola keuangan rumah tangga sehingga pengeluaran tidak melebihi pemasukan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa akuntansi sangat berperan sentral dalam mengatur keuangan keluarga pada pasangan usia muda di Kecamatan Lempuing Jaya Kabupaten Ogan Komering Ilir terutama dalam empat kategori yang diteliti, yaitu penganggaran, perencanaan, pencatatan, dan pengambilan keputusan. Pada kategori pencatatan hanya sebagian pasangan muda yang menerapkan dan sudah diterapkan secara tepat oleh para ibu rumah tangga. Penelitian ini juga menunjukan bahwa para informan telah menerapkan sebagian besar poin-poin pengelolaan secara islami yang diteliti peneliti ini. Kata Kunci: Akuntansi Rumah Tangga, Pengelolaan Keuangan Syariah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 20 Jul 2023 08:30
Last Modified: 20 Jul 2023 08:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73626

Actions (login required)

View Item View Item