Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN BEQURANIC KABUPATEN BENGKALIS

Reyma Syahanaz, Reyma (2023) METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN BEQURANIC KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang metode tahfidz al-Qur’an santri Pondok Pesantren Bequranic Kabupaten Bengkalis. Menghafal al-Qur’an bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan, untuk dapat melakukan kegiatan menghafal al-Qur’an memerlukan banyak persiapan baik itu bersifat internal maupun eksternal. Maka dari itu, dalam proses kegiatan tahfidz ini ada banyak kesulitan yang dihadapi para santri Pondok Pesantren Bequranic Kabupaten Bengkalis. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah metode tahfidz Pondok Pesantren Bequranic Kabupaten Bengkalis dan faktor penghambat dan pendukung dalam menghafalkan al-Qur’an di Pondok Pesantren Bequranic Kabupaten Bengkalis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang berisikan data-data lapangan terkait subjek dalam penelitian ini. Adapun hasil penelitian ini: metode tahfidz yang digunakan adalah metode yang dianggap mereka sebagai cara yang mudah dan tidak menyulitkan dalam menghafalkan al-Qur’an, yakni metode wahdah (menghafal satu demi satu ayat al-Qur’an). Lalu faktor penghambat dalam menghafalkan al-Qur’an santri Pondok Pesantren Bequranic dikarenakan rasa malas yang berakibatkan hilangnya semangat dalam menghafalkan al-Qur’an. Sedangkan faktor pendukung yakni adanya motivasi yang datangnya dari diri sendiri maupun lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode, tahfidz, al-Qur’an, Pondok Pesantren Bequranic
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Alqur'an dan Tafsir
Depositing User: fushu -
Date Deposited: 18 Jul 2023 04:22
Last Modified: 18 Jul 2023 04:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73620

Actions (login required)

View Item View Item