Elvo Yuyun Andora, Elvo (2023) STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS PERPUSTAKAAN SOEMAN HS PROVINSI RIAU DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN PRIMA TERHADAP PENGUNJUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Humas Perpustakaan Soeman Hs Provinsi Riau harus memiliki strategi komunikasi guna memberikan pelayanan prima terhadapa pengunjung. Sebagaimana diketahui pada era digital dan informasi seperti saat ini, masyarakat cenderung lebih memilih untuk mencari informasi melalui internet dari pada datang langsung ke perpustakaan. Maka dari itu perpustakaan Soeman Hs Provinsi Riau perlu memiliki strategi yang efektif untuk mengenalkan layanan dan koleksi yang dimiliki kepada masyarakat. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi humas dalam memberikan pelayanan prima terhadap pengunjung yang datang ke perpustakaan Soeman Hs. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori proses empat langkah public relations. Hasil dalam penelitian ini yaitu 1. Strategi komunikasi humas yang digunakan Perpustakaan Soeman Hs kepada pengunjung dalam memberikan pelayanan prima adalah dengan memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada pengunjung dengan menggunakan metode 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun). 2. Strategi komunikasi yang digunakan humas perpustakaan Soeman Hs adalah membuat berbagai macam program unggulan seperti program story telling dibagian layanan anak, program lomba perpustakaan tingkat SLTA, program online yang mana nama programnya Jelita. 3. Strategi komunikasi yang digunakan oleh humas perpustakaan Soeman Hs adalah dengan memberikan motivasi kepada pengunjung perpustakaan disela-sela kunjungan, yang mana motivasinya untuk lebih rajin lagi datang keperpustakaan dan lebih giat lagi dalam menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. 4. Strategi komunikasi yang digunakan humas perpustakaan Soeman Hs adalah dengan menggunakan media sosial sebagai media penyebaran informasi kepada pengunjung
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Humas, Perpustakaan, Pelayanan Prima, Pengunjung |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | fdk - |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 04:18 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 04:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73611 |
Actions (login required)
View Item |