Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, DAN SHITSUKE) PADA IKM ROTI KETAWA UNTUK MENGURANGI WAKTU KERJA (STUDI KASUS: IKM BUK ANI)

HERY KURNIAWAN, - (2023) IMPLEMENTASI 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU, DAN SHITSUKE) PADA IKM ROTI KETAWA UNTUK MENGURANGI WAKTU KERJA (STUDI KASUS: IKM BUK ANI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR FUL KECUALI BAB IV DAN BAB V HERY KURNIAWAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN BAB V)
TUGAS AKHIR BAB IV DAN BAB V HERY KURNIAWAN FUL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

IMPLEMENTASI 5S (SEIRI, SEITON, SEISO, SEIKETSU DAN SHITSUKE) PADA IKM ROTI KETAWA UNTUK MENGURANGI WAKTU KERJA (STUDI KASUS: IKM BUK ANI) Oleh : Hery Kurniawan NIM : 11652103429 Tanggal Sidang : 6 Juli 2023 Tanggal Wisuda : Program Studi Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas KM. 15 No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Ikm Buk Ani merupakan salah satu industri kecil menengah yang bergerak dibidang pembuatan roti ketawa dan donat gula. Permasalahan pada Home Industri Buk Ani yaitu kondisi lantai produksi masih jauh terkesan tidak teratur dan tidak higienis, tidak adanya tempat penyimpanan peralatan produksi. Apabila dibiarkan maka mempengaruhi higienitas dari produk dan ketidaknyamanan pekerja. Maka dari itu perlu mengimplementasikan 5S untuk memberikan kenyamanan pada lingkungan kerja serta dapat mengurangi waktu kerja. Efisiensi penerapan 5S berdasarkan waktu kerja pada proses pembuatan donat di IKM Buk Ani dapat dilihat dari tingkat produktivitas dan perubahan waktu baku sebelum dan sesudah diterapkannya metode 5S. Tingkat Produktivitas paling tinggi yaitu 0,0000304 dengan hasil produksi sebesar 11,25 kg. Penerapan 5S yang dilakukan terdapat perbedaan yang cukup berarti sehingga lingkungan kerja menjadi bersih dan rapi. Hal ini dapat dilakukan secara kontinu sesuai dengan prinsip 5S. Dimana dilakukan pemantapan dan pembiasan dengan budaya kerja yang baik tersebut. Sehingga akan menciptakan lingkungan kerja yang dapat mendukung aktivitas kerja secara maksimal, yang berdampak terhadap adanya peningkatan hasil produksi. Selain itu, Standard Operation Prosedure (SOP) dalam bentuk poster juga dibuat untuk membantu karyawan dalam menerapkan metode 5S secara berkelanjutan dan meningkatkan produktivitas. Diharapkan, implementasi 5S ini dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas produksi, meningkatkan kualitas produk, serta menciptakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi karyawan. Kata kunci: Home Industri, 5S, Lingkungan Kerja, Produktivitas, Waktu Kerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Jul 2023 03:16
Last Modified: 18 Jul 2023 03:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73595

Actions (login required)

View Item View Item