KhovifahYolanda, - (2023) KlasifikasiSentimenUlasanAplikasiWhatsappDiPlayStoreMenggunakanNaïveBayesClassifier. KLASIFIKASI SENTIMEN ULASAN APLIKASI WHATSAPP DI PLAY STORE MENGGUNAKAN NAÏVE BAYES CLASSIFIER. ISSN 2580-720X
|
Text
KOPI WTR.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Abstrak Saat ini masyarakat dengan gampang melakukan kontak jarak jauh dengan aplikasi WhatsApp yang memudahkanpengguna dalam berkomunikasi seperti mengirim pesan teks, gambar, video,p esansuara, berbagi file hingga melakukan panggilan suara maupun vidio secara gratis dengan akses internet. WhatsApp merupakan aplikasi digital yang dapat digunakan oleh masyarakat secaragratis, penggunanya juga dapat memberi ulasan melalui GooglePlayStore. Ulasan yang terdapat pada Google Play Store merupakan opini dari pengguna dalam memberi masukan kepada pengembang aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan pendapat atau emosikonsumen terhadap aplikasi WhatsApp dengan menerapkan metode Naïve BayesClassifier dalam proses mengklasifikasi ulasan konsumen yang akan dipakaiuntuk memecahkan nilai probabilitas tertinggi. Ulasan tersebut dibagi dalam dua label yaitu ulasan positif dan ulasan negatif. Berdasarkan pengujian yang sudah dilangsungkan, didapatkan hasil akurasiter tinggi pada perbandingan 90:10 dengan aku rasi sebesar81%,precision74%danrecall54% dengan jumlah data settidak seimbang yaitu 669 ulasan positif dan 331 ulasan negatif dengan ini hasil aku rasi sentimen positif lebih tinggi dibandingkan sentimen negatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 14:39 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 14:39 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73586 |
Actions (login required)
View Item |