Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK DAGING IMPOR DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT, RCR DAN PP (Studi Kasus: IKM Shanum Kurnia)

M ARIF RAHMAN, - (2023) ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK DAGING IMPOR DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT, RCR DAN PP (Studi Kasus: IKM Shanum Kurnia). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR FUL KECUALI BAB IV DAN BAB V M ARIF RAHMAN.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN BAB V)
TUGAS AKHIR BAB IV DAN BAB V M ARIF RAHMAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)

Abstract

ANALISIS KELAYAKAN USAHA DAN PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK DAGING IMPOR DENGAN MENGGUNAKAN METODE RCR, PP DAN SWOT (Study kasus: UKM Shanum Kurnia) M. Arif Rahman NIM : 11652100222 Tanggal sidang : 5 juli 2023 Tanggal wisuda : 2023 Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. HR. Soebrantas No.155 Pekanbaru ABSTRAK UKM Shanum Kurnia kota Duri merupakan usaha yang bergerak dibidang penjualan daging impor dan juga frozen food seperti sosis, nugget dan juga bakso. Permasalahan yang dihadapi adalah tingkat penjualan mengalami penurunan yang disebabkan oleh faktor eksternal dan internal. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui kelayakan usaha secara finansial pada pemasaran daging sapi impor dan untuk memberikan usulan perbaikan dalam meningkatkan penjualan daging sapi pada UKM Shanum Kurnia melalui penerapkan suatu strategi. Strategi yang menggunakan metode analisis SWOT, RCR dan PP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis finansial dari UKM Shanum Kurnia ini pada metode RCR mendapatkan hasil lebih besar dari 1 berarti usaha ini layak untuk dikembangkan kedepannya. Pada metode SWOT terdapat 7 strategi pemasaran. Perhitungan Payback Period didapat bahwa modal kembali selama 1 tahun 1 bulan 2 hari. Kemudian usulan dalam meningkatkan strategi pemasaran pada UKM Shanum Kurnia adalah dengan Meningkatkan dan mempertahankan kualitas produk untuk memberikan jaminan terhadap konsumen, Memberikan diskon kepada para konsumen, Meningkatkan promosi secara berlanjut dan memanfaatkan teknologi dalam menjual produk, Meningkatkan proses administrasi untuk memberikan kenyamanan kepada konsumen, Membangun dan mengembangkan usaha, Memberikan jaminan kualitas produk dengan harga yang terjangkau, Menetapkan dan mempertahankan strategi harga pasar untuk menghadapi persaingan harga serta Mempertahankan hubungan baik dengan konsumen. Kata kunci : Kelayakan Usaha , Net Present Value, Payback Period, Revenue Cost Ratio, SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:24
Last Modified: 18 Jul 2023 02:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73577

Actions (login required)

View Item View Item