Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

METODE JADAL NABI NUH ‘ALAIHISSALAM TERHADAP KAUMNYA DI DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN TAFSIR TEMATIK)

ANNISA FAUZIAH, - (2023) METODE JADAL NABI NUH ‘ALAIHISSALAM TERHADAP KAUMNYA DI DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN TAFSIR TEMATIK). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RIau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Fauziah (2023) : Metode Jadal Nabi Nuh ‘alaihissalam kepada Kaumnya di dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik) Kata Kunci : Jadal, Kisah, Kaum Nabi Nuh Perdebatan adalah sesuatu hal yang tidak dapat dinafikan dalam realitas kehidupan. Termasuk di dalam Al-Qur‟an, di dalamnya juga menggambarkan adanya perdebatan dan dialog yang tujukan untuk mempertahankan kebenaran dan melawan argumentasi orang-orang kafir. Perdebatan di dalam Al-Qur‟an di sebut dengan jadal. Salah satu kisah perdebatan yang diabadikan Al-Qur‟an yautu kisah perdebatan Nabi Nuh „alaihissalam kepada kaumnya. Sebagai rasul utusan pertama, ia melakukan dakwah serta jadal kepada kaumnya lebih kurang 950 tahun. Namun pada akhirnya hanya sedikit dari mereka yang ikut beriman. Untuk itu yang menjadi objek analisa dalam penelitian ini adalah ayat-ayat yang menceritakan mengenai kisah perdebatan Nabi Nuh, metode jadal yang digunakan berdasarkan penafsiran ulama tafsir, serta rahasia dan hikmah dibalik penggunaan metode jadal tersebut. Penelitian ini merupakan library research dengan metode maudhu‟iy dan bersifat deskriptif serta melalui pendekatan analisis isi buku. Kesimpulannya bahwa metode jadal yang sering muncul dalam perdebatan Nabi Nuh dengan kaumnya adalah dengan mengungkapkan ayat-ayat kauniyah, membantah dan menentang pendapat kaum musyrik, istifham, membungkan pendapat lawan dengan menunjukkan kebalikan dari perkataan mereka, mematakan hujjah, al-Qaulu bil mujab, al-Isjaal, mujaarat al-Khasmi li ya‟tsar, al-Intiqal, dan as-Sabru wa taqsim. Adapun rahasia dibalik penggunakan metode jadal itu adalah kaum Nabi Nuh merupakan umat pertama yang melakukan kesyirikan, dan kelompok manusia yang mulai berkembang secara ilmu pengetahuan dan pemikiran serta mereka adalah kaum yang memiliki sifat buta hati dan taqlid kepada ajaran nenek moyang mereka.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.1 Sumber-sumber Agama Islam, Kitab Suci Agama Islam > 297.1226 Tafsir Al-Qur'an, Ilmu Tafsir
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Hukum Keluarga
Depositing User: pps -
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:33
Last Modified: 17 Jul 2023 08:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73559

Actions (login required)

View Item View Item