Wury Indriyani (2014) PENGARUH KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN MENURUT EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Planet Swalayan Jalan Garuda Sakti Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Sarif Kasim Riau.
|
Text
FM.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (119kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
EM.pdf Download (18kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya persaingan yang terjadi antara para pemilik pusat perbelanjaan modern, sehingga perusahaan dituntut untuk mempertahankan loyalitas konsumen. Lokasi penelitian ini dilakukan di Planet Swalayan, yang beralamat di Jalan Garuda Sakti No.18 Km.1 Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Adapun yang menjadi alasan peneliti melakukan penelitian ditempat ini dikarenakan Planet Swalayan merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang memberikan fasilitas member card kepada para konsumennya. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen Planet Swalayan Jalan Garuda Sakti Kecamatan Tampan kota Pekanbaru dan bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen Planet Swalayan Jalan Garuda Sakti Kecamatan Tampan kota Pekanbaru. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen, dan untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Planet Swalayan yang memiliki kartu member sebanyak 258 konsumen. Sedangkan sampel yang diambil dengan menggunakan metode Slovin sebanyak 72 konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner, observasi dan studi pustaka. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa kuantitatif dengan melakukan uji statistik untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kepuasan terhadap loyalitas konsumen Planet Swalayan. Hal ini dapat dilihat dari nilai korelasi sebesar 0.793 dimana antara variabel independen dengan variabel dependen memiliki hubungan yang kuat. Besarnya koefisien determinasinya adalah sebesar 0.629, mengandung pengertian bahwa pengaruh kepuasan terhadap loyalitas adalah 63% sedangkan 37% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Nilai thitung (10.894) > ttabel (1.994) dengan Signifikansi 0.000 < 0.05. Artinya variabel independent (kepuasan) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependent (loyalitas). Menurut pandangan ekonomi Islam, pengaruh kepuasan terhadap loyalitas konsumen Planet Swalayan dibolehkan selama masih dalam batas-batas yang diperbolehkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | Feni Marti Adhenova |
Date Deposited: | 15 Sep 2016 02:54 |
Last Modified: | 15 Sep 2016 02:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/7353 |
Actions (login required)
View Item |