Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Evaluasi Beban Kerja pada Area Fabrication Workshop Menggunakan Pendekatan Cardiovascular Load (%CVL) dan Metode Defence Research Agency Workload Scale (DRAWS)

Arda Tri Melia, - (2023) Evaluasi Beban Kerja pada Area Fabrication Workshop Menggunakan Pendekatan Cardiovascular Load (%CVL) dan Metode Defence Research Agency Workload Scale (DRAWS). Jurnal Perangkat Lunak, 5 (2). pp. 97-104. ISSN E-ISSN:2685-2594

[img]
Preview
Text
REPOSITORY_ARDA TRI MELIA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kinerja karyawan merupakan salah satu indikator evaluasi kinerja perusahaan terkait tanggung jawab dan tugas yang diberikan. PT. XYZ merupakan perusahaan konstruksi yang memiliki satu fabrication workshop tempat proses pembuatan pipe concrete support dan pembuatan pipe spool untuk dibawa ke lokasi kerja. Pekerjaan yang harus dilakukan tidak sebanding dengan jumlah pekerja yang bekerja di fabrication workshop mengakibatkan pekerja harus lembur demi menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung beban kerja fisik maupun mental pekerja area fabrication workshop PT. XYZ. Penelitian ini menggunakan pendekatan cardiovascular load dengan cara mengukur denyut nadi pekerja dan metode defence research agency workload scale (DRAWS) untuk menghitung beban kerja mental dengan melakukan penyebaran kuesioner DRAWS kepada para pekerja. Hasil dari penelitian diketahui bahwa beban kerja fisik dan mental tertinggi terjadi pada pekerja pembuatan pipe spool. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi evaluasi bagi perusahaan dan penelitian lanjutan dalam mengembangkan metode evaluasi beban kerja yang lebih baik di lingkungan kerja.

Item Type: Article
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 17 Jul 2023 21:39
Last Modified: 17 Jul 2023 21:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73513

Actions (login required)

View Item View Item