Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENGHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE HARGA POKOK PESANAN PADA PONDOK JAHIT MUTIARA DI PEKANBARU

DHEA LUTHFIANA SARI, - (2023) ANALISIS PENGHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE HARGA POKOK PESANAN PADA PONDOK JAHIT MUTIARA DI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PENGHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE HARGA POKOK PESANAN PADA PONDOK JAHIT MUTIARA DI PEKANBARU Oleh : DHEA LUTHFIANA SARI NIM. 11870322036 Penentuan harga pokok produksi harus dicatat dengan baik dan dihitung dengan benar, karena harga pokok produksi merupakan bagian terpenting yang harus dihitung oleh perusahaan untuk menetapkan harga jual. Perusahaan belum menggolongkan secara rinci biaya overhead pabrik sesuai dengan konsep akuntansi biaya. Akibatnya perusahaan belum sesuai dalam penghitungan harga pokok produksinya, yang dapat berpengaruh terhadap harga jual produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penentuan harga pokok produksi menggunakan metode job order costing pada usaha Pondok Jahit Mutiara di Kota Pekanbaru. Untuk mengetahui penghitungan perusahaan dengan metode job order costing, serta mengetahui kendala dan solusi dalam melakukan penghitungan harga pokok produksi. Metode analisis yang digunakan yaitu metode dengan pendekatan studi kasus dan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan selisih penghitungan harga pokok produksi perusahaan dengan metode job order costing. Penghitungan harga pokok produksi berdasarkan metode job order costing lebih rendah dibandingkan dengan harga pokok produksi yang dihitung oleh perusahaan. Oleh karena itu, perbaikan metode penghitungan harga pokok produksi pada usaha Pondok Jahit Mutiara diperlukan untuk dapat membantu perusahaan dalam membuat kebijakan berkaitan dengan penentuan harga jual dan penentuan laba yang diharapkan Kata Kunci: Biaya Produksi, Harga Pokok Produksi, Job Order Costing, Harga Jual .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 17 Jul 2023 08:40
Last Modified: 17 Jul 2023 08:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73512

Actions (login required)

View Item View Item