Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS PASIR BERWARNA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB AZZIKRA PASAR BARU BASERAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

IRNA FEBRIANI,, - (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS PASIR BERWARNA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB AZZIKRA PASAR BARU BASERAH KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (822kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan dilapangan diketahui bahwa perkembangan kognitif anak masih belum berkembang dengan optimal. Masih ada sebagian anak yang belum bisa membedakan warna yang serupa dan masih ada juga anak yang kesulitan membedakan wadah yang berisi banyak dan sedikit. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media pasir berwarna terhadap terhadap perkembangan kognitif anak. Sesuai treori piaget dalam khadijah perkembangan kognitif anak akan berkembang sesuai dengan tahapannya ataupun fase-fasenya sehingga mencapai perkembangan yang kompleks. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah KB Azzikra kabupaten kuantan singingi. Tehnik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling kuota. Sampel dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di KB Azzikra kabupaten kuantan singingi sebanyak 16 anak. Hasil penelitian ini terdapat adanya pengaruh pada perkembangan kognitif anak, terlihat dari jumlah nilai rata-rata pretest sebesar 37.92% (BB) dan jumlah nilai rata posttest sebesar 80.10% (BSB). Sehingga untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pasir berwarna terhadap perkembangan kognitif anak dengan menggunakan uji hipotesis dengan uji paired sample t test. Dari hasil hipotesis statistik, H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat perbedaan rata-rata nilai antara pretest dengan posttest dengan selisih rata-rata sebesar 25,31, tstatistik 47,059, dan signifikansi sebesar 0,000. Berdasarkan hasil ini didapat kesimpulan dari hipotesis penelitan yaitu H0 ditolak dan Ha diterima atau Media Pasir Berwarna memiliki pengaruh terhadap perkembangan kognitif anak . Jadi, ada perngaruh yang signifikan yaitu perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest. Pada hasil perhitungan nilai effect size didapat sebesar 11,77. Dengan demikian pemberian treatment media pasir berwarna berpengaruh dalam kategori sangat besar terhadap perkembangan kognitif anak di KB Azzikra Pasar Baru, Baserah, Kabupaten Kuantan Singingi. Kata kunci : Pasir berwarna, Media pembelajaran sains, Perkembangan kognitif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:48
Last Modified: 17 Jul 2023 02:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73481

Actions (login required)

View Item View Item