Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA

RAFIKA MAHERA, - (2023) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (615kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAFIKA MAHERA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rafika Mahera (2023) : Peningkatan Keterampilan Bepikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Berbantuan Laboratorium Virtual Pada Materi Sifat- Sifat Cahaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan laboratorium virtual pada materi sifat-sifat cahaya. Bentuk penenlitian ini adalah quasy eksperimen. Desain penelitannya adalah “pretest posttest control group” yaitu melibatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII MTs YPUI Teratak. Pemilihan sampel secara “cluster random sampling”. Sampel pada penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan penerapan model inkuiri berbantuan laboratorium virtual dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model konvensional. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu tes keterampilan berpikir kritis dan observasi keterlaksanaan model. Teknik analisis data yang digunakan yaitu lembar observasi, uji normalitas, uji man whitney. Hasil uji hipotesis pada nilai posttest menggunakan uji independent sample t test. Hasil pengolahan data akhir hasil uji man whitney diperoleh nilai signifikan 0,000. Dengan demikian diketahui bahwa nilai signifikansi test Independent-Samples Mann-Whitney U Test lebih kecil dari nilai signifikansi alpha (α = 0,05) yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga disimpulkan bahwa ada “Terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa melalui penerapan model inkuiri berbantuan laboratorium virtual pada materi sifat-sifat cahaya”. Kata kunci : Model Inkuiri, Laboratorium Virtual, Keterampilan Berpikir Kritis, Sifat-Sifat Cahaya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 02:22
Last Modified: 18 Jul 2023 02:26
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73470

Actions (login required)

View Item View Item