Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP SISTEM MARKETING TESTIMONI PADA MAHASISWA HUKUM EKONOMI SYARIAH UIN SUSKA RIAU

ELI MASRUROH, - (2023) TINJAUAN FIQH MUAMALAH TERHADAP SISTEM MARKETING TESTIMONI PADA MAHASISWA HUKUM EKONOMI SYARIAH UIN SUSKA RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ELI MASRUROH.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Eli Masruroh, (2023): “Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Sistem Marketing Testimoni Pada Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah UIN Suska Riau" Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh Jual Beli Online Dengan Sistem Penyebaran Testimoni Pada Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah UIN Suska Riau, Dalam penyebaran testimoni tersebut pelaku usaha membayar artis atau seseorang yang terkenal untuk mempromosikan produk yang mereka miliki, dan tanpa disadari mereka memberikan testimoni yang menyesatkan, dibuat-buat, serta melebih-lebihkan hasil penggunaan produk tesebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana analisis praktik jual beli online dengan sistem penyebaran testimoni pada Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah UIN Suska Riau dan Bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap praktik jual beli online dengan sistem penyebaran testimoni pada Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah UIN Suska Riau. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik jual beli online dengan sistem penyebaran testimoni pada Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah UIN Suska Riau dan untuk mengetahui tinjauan fikih muamalah terhadap pratik jual beli online dengan sistem penyebaran testimoni pada Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah UIN Suska Riau. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Fakultas Syariah dan Hukum UIN Suska Riau. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 466 orang mahasiswa, untuk mempermudah peneliti memperoleh data maka ditetapkan sampel pada penelitian ini sebanyak 20 orang yaitu 4 admin olshop dan 16 orang pembeli yang terdiri dari Mahasiswa aktif Jurusan Hukum Ekonomi Syariah yang pernah berbelanja skincare lewat online menggunakan teknik “Random Sampling”. Sumber data ini langsung dari lapangan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode penulisan menggunakan metode deduktif. Praktik jual beli online dengan system penyebaran testimoni tersebut mengandung unsur gharar. Ditinjau dari Fiqh Muamalah terhadap jual beli dengan menggunakan cara yang bathil agar mendapat keuntungan dilarang dalam Islam, karena ini akan merugikan orang lain yang tidak mendapatkan haknya sehingga terjadi perselisihan atau permusuhan. Kata Kunci: Fiqh Muamalah, Testimoni, Online Shop.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:18
Last Modified: 17 Jul 2023 07:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73466

Actions (login required)

View Item View Item