Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI MISTERI BOX DI APLIKASI ONLINE SHOP SHOPEE DI KOTA PEKANBARU

FITRAH RAMADHAN, - (2023) TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP JUAL BELI MISTERI BOX DI APLIKASI ONLINE SHOP SHOPEE DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITRAH RAMADHAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fitrah Ramadhan, 2023 : Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Jual Beli Misteri Box Di Aplikasi Online Shop Shopee Di Kota Pekanbaru, Skripsi, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Jual beli dengan sistem misteri box di online Shop Shopee merupakan salah satu bentuk promosi penjualan dalam menarik konsumen, yaitu dengan menawarkan kotak misteri, tanpa menyebutkan isinya. Pada tampilan penjualan telah disebutkan harga dan deskripsi dari produk tersebut. Akan tetapi masih banyak ditemukan ketidak jelasan terhadap jual beli dengan sistem filtur misteri box. Penelitian ini fokus pada dua rumusan masalah. Pertama, Bagaimanakah mekanisme jual beli misteri box shop shopee? Kedua, Apakah manfaat dan mudharat dari jual beli misteri box di online shop shopee? Ketiga. Bagaimanakah tinjauan fikih muamalah terhadap pelaksanaan jual beli filtur misteri box di online shop shopee? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan perpustakaan dan lapangan. Hasil penelitian ini terdapat kesimpulan. Pertama, Mekanisme jual beli misteri box di online shop shopee adalah penjual mengupload barang, kemudian pembeli memilih barang yang dinginkan kemudian checkout dan melakukan pembayarn setelah itu tunggu barang sesuai estimasi pengiriman dan barang jika sampai ke pembeli da pembeli menilai barang tersebut di kolom penilaiian. Kedua, Manfaat dan mudarat dari jual beli misteri box di online shop shopee, adapun manfaat dari jual beli misteri box adalah teknik marketing bagi akun onlien shipe tersebut agar akunnya dan penjualan nya bisa meningkat dengan biaya produksi rendah, dan mudaratnya ada unsur ketidak pastian dari isi misteri box tersebut, karena barangnya berupa misteri. Ketiga,Tinjauan fikih muamalah terhadap pelaksaaan jual beli misteri box di online shope shopee,Pada praktik teknik marketing jual beli misteri box di online shop tidak sesuai harapan yang diinginkan pada pembeli yang tidak mendapatkan barang yang diinginkan, jika dinilai secara keseluruhan tetap saja teknik marketing seperti ini belum sempurna memenuhi rukun dan syarat serta terdapat adanya unsur larangan syari‟ah yang mana hal tersebut gharar, serta adanya unsur perjudian maka, jual beli di filtur misteri box ini adalah batal. Kata Kunci: Jual Beli, Misteri Box, Bisnis Online.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:32
Last Modified: 17 Jul 2023 07:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73458

Actions (login required)

View Item View Item