ELMAWATI PRATAMA, - (2023) ANALISIS CAMPUR KODE DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IX MTSN 3 KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
|
Text
file lengkap kecuali hasil penenltian (bab iv).pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
file hasil penenltiian (bab iv).pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (570kB) |
Abstract
ELMAWATI PRATAMA (2023) : ANALISIS CAMPUR KODE DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IX MTSN 3 KOTA PEKANBARU Dalam dunia Pendidikan, Bahasa Indonesia merupakan bahasa pengantar dalam proses pembelajaran, untuk memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran, peserta didik akan menggunakan bahasa yang dikuasainya. Maksudnya Bahasa Indonesia merupakan penghela untuk mata pelajaran yang lain atau bidang studi yang lain. Dalam pemakaiannya, siswa kadang-kadang melakukan campur kode dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk campur kode yang digunakan oleh siswa di MTsN 3 Kota Pekanbaru dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode yang terjadi dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas IX MTsN 3 Kota Pekanbaru. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti melakukan pengumpulan data dengan metode observasi di dalam kelas pada saat proses pembelajaran dimulai sampai proses pembelajaran berakhir dan dilakukan analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Adapun berkenaan dengan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya campur kode peneliti menggunakan tekhnik angket dengan analisis skala likert.Setelah dilakukan analisis terhadap data yang sudah disimpulkan diperoleh simpulan sebagai berikut. (1) dilihat dari segi bentuk campur kode yang digunakan oleh siswa ditemukan campur kode dalam bentuk kata,frasa klausa dan kalimat. Dari empat bentuk campur kode tersebut jumlah campur kode yang paling tinggi adalah campur kode dalam bentuk kata yaitu sebanyak 32 data. (2) berkenaan dengan Faktor penyebab campur kode di MTsN 3 Kota Pekanbaru yaitu di sebabkan oleh faktor penutur karena para siswa sangat menyukai Bahasa daerahnya dan sangat mempertahankan Bahasa daerahnya ketika berbicara sehingga hal ini mempengaruhi Bahasa yang digunakannya. Kata Kunci : Campur Kode, Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 03:29 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 03:29 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73434 |
Actions (login required)
View Item |