Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PROMOSI PRODUK MURABAHAH EMAS PADA KOPERASI KONSUMEN SYARIAH MENGGUNAKAN METODE SWOT (STUDI KASUS PADA KPRI PRIMA HUSADA BAROKAH KABUPATEN KAMPAR)

ISKANDAR, - (2023) STRATEGI PROMOSI PRODUK MURABAHAH EMAS PADA KOPERASI KONSUMEN SYARIAH MENGGUNAKAN METODE SWOT (STUDI KASUS PADA KPRI PRIMA HUSADA BAROKAH KABUPATEN KAMPAR). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (11MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Iskandar (2023) : Strategi Promosi Produk Murabahah Emas Pada Koperasi Konsumen Syariah Menggunakan Metode SWOT (Studi Kasus KPRI Prima Husada Barokah Kabupaten Kampar) Koperasi syariah adalah koperasi yang kegiatan usahanya meliputi simpanan, pinjaman dan pembiayaan sesuai prinsip syariah. Pembiyaan yang banyak dilakukan oleh anggota koperasi konsumen syariah adalah murabahah sesuai dengan Fatwa DSN-MUI No: 04/DSN-MUI/IV/2000 tentang Murabaḥah. Maka salah satu pembelian murabahah adalah emas yang merupakan aset masa depan dengan sudah dikeluarkan Fatwa DSN-MUI No. 77/DSN-MUI/V/2010 tentang Jual Beli Emas Secara Tidak Tunai. Namun saat ini perlu strategi untuk mempromosikan produk murabahah emas. Anggota yang tidak mengetahui dikoperasi memiliki produk pembelian emas. Pengurus koperasi yang pemahaman masih jauh dari tujuan promosi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formulasi strategi promosi produk murabahah emas pada koperasi konsumen syariah KPRI Prima Husada Barokah dengan analisis variabel SWOT, matriks IFAS dan EFAS, dan Kuadran Jenis penelitian yang digunakan adalah metode mixed methods merupakan pendekatan penelitian yang mengombinasikan kualitatif dan kuantitatif. Sumber data pada kualitatif adalah observasi, wawancara sebanyak 14 responden terdiri dari pengurus, pengawas, dewan pengawas syariah, dan karyawan sedangkan sumber data pada kuantitatif adalah angket pengambilan sample dengan purposive sampling sebanyak 50 responden pada dinas kesehatan, RSUD Bangkinang Kota dan puskesmas Bangkinang Kota. Sedangkan teknik analisis dengan SWOT matriks IFAS dan EFAS. Hasil penelitian kekuatan (Strenghs) media ofline brosur, media online grup whatsApp, buku LPJ, komunikasi, pembinaan anggota dan potongan (discount). Kelemahan (Weakness) terbatas dana, kurang sosialisasi, kurang pemahaman tujuan promosi, kurang aktif memberikan berita, kurang bekerja sama dengan lembaga lain dan terbatas penyebaran buku LPJ. Peluang (Opportunities) target yang masih tinggi, efektifnya mempromosi kepada anggota koperasi yang bekerja PNS dibawah dinas kesehatan dan kemajuan informasi dan teknologi. Ancaman (Threats) lembaga lain, kemudahan akses di bank dengan nominal yang besar, kurang preferensi anggota dalam memilih produk. Nilai faktor IFAS 3.33 dari strength 2.64, Weaknees 0.69 dan nilai faktor EFAS 3.45 dari opportunity 2.67, threat 0.77. Titik koordinat selisih (S-W) 1.96 dan (O-T) 1.90. Maka nilai terletak pada kuadran I yaitu memiliki kekuatan dan peluang SO dengan strategi pertumbuhan agresif dengan cara penyebaran brosur yang secara keseluruhan kepada anggota yang merupakan terget yang masih tinggi Kata Kunci : Strategi, Promosi, Murabahah, Emas, SWOT.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:13
Last Modified: 17 Jul 2023 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73418

Actions (login required)

View Item View Item