Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI OPTIMALISASI BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Multisitus pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Marwah Tambang Kabupaten Kampar)

NIKMATUL HUSNA, - (2023) STRATEGI OPTIMALISASI BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Multisitus pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Marwah Tambang Kabupaten Kampar). Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK STRATEGI OPTIMALISASI BAITUL MAAL WAT TAMWIL DALAM MENINGKATKAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH (Studi Multisitus pada Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Marwah Tambang Kabupaten Kampar) Oleh: Nikmatul Husna 22190324570 Saat ini masyarakat bahwa mengalami kesulitan dalam mengakses permodalan ke Lembaga-lembaga perbankan termasuk bank Syariah, sehingga dibutuhkan Lembaga lain untuk memudahkan usaha mikro dalam memperoleh permodalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi optimalisasi yang dilakukan oleh BMT Marwah Tambang dalam meningkatkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), apa saja faktor pendukung dan penghambat BMT Marwah Tambang dalam strategi optimalisasi yang dilakukan dan bagaimana strategi optimalisasi yang dilakukan oleh BMT Marwah Tambang Kapupaten Kampar dalam meningkatkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) ditinjau menurut ekonomi Syariah. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui Observasi, Wawanca Tinjauan Pustaka, dokumentasi dan selanjutnya di analisis dengan mereduksi data, disajikan dalam bentuk teks naratif dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa 1) Strategi Optimalisasi yang dilakukan dengan proses pembiayaan yang mudah, memprioritaskan pedagang kecil, mengedukasi dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pinjaman berbasis Syariah. 2) Faktor pendukung dalam strategi optimalisasi yang dilakukan yaitu Kerjasama yang solid antar pengurus dan staff BMT, sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah SDM, jiwa wirausaha yang relative lemah, permodalan yang masih kecil, kepercayaan yang rendah dan kurangnya eksistensi BMT. 3) Strategi Optimalisasi oleh BMT Marwah Tambang ditinjau menurut ekonomi Syariah sudah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah karena telah melakukan ikhtiar untuk meningkatkan SDM, memberikan pembinaan terhadap nasabah dan meningkatkan sosialisasi terhadap keberadaan BMT. Kata Kunci: Strategi, Optimalisasi, Baitul Maal Wat Tamwil, UMKM

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 14 Jul 2023 08:40
Last Modified: 14 Jul 2023 08:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73416

Actions (login required)

View Item View Item