Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA KONSELOR DALAM MEMPERSIAPKAN MASA DEPAN RESIDEN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN INFORMASI DI RUMAH AMAN NAPZA TB SATU RIAU

RATIH AFRILIA NINGSIH, - (2023) UPAYA KONSELOR DALAM MEMPERSIAPKAN MASA DEPAN RESIDEN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DENGAN MENGGUNAKAN LAYANAN INFORMASI DI RUMAH AMAN NAPZA TB SATU RIAU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI RATIH AFRILIA NINGSIH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nama : Ratih Afrilia Ningsih NIM : 11940220425 Jurusan : Bimbingan Konseling Islam Judul : Upaya Konselor Dalam Mempersiapkan Masa Depan Residen Penyalagunaan NarkobaDengan Menggunakan Layanan InformasidiRumah Aman Napza TB Satu Riau Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya Residen peyalagunaan narkoba dan melakukan masa rehabilitasi dan residen tersebut mengalami ketidak percayaan pada diri nya bahwah mereka mempunyain masa depan yang bagus. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Upaya Konselor Dalam Meyakinkan Masa Depan Residen Penyalagunaan Narkoba Menggunakan Layanan Informasi.Informan dalam penelitian ini terdiri dari empat (4) orang, yaitu dua (2) orang konselor sebagai narasumber utama dan dua (2) orang Residen sebagai narasumber pendukung di Rumah Aman Nabza TB Satu Riau.Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis dan penelitian lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya konselor menggunakan layanan informasi dapat membuat residen merasa yakin bahwa mereka memiliki masa depan yang bagus juga seperti orangorang yang tidak menggunakan narkoba.Upaya yang dilakukan konselor dengan memberikan layanan informasi terhadap residen. Konselor memberikan informasi-informasi positif yang mampu memotivasi residen, sehingga residen yakin memiliki masa depan yang cerah. Konselor mengarahkan orang tua residen untuk mendukung masa depan yang ingin di capai oleh residen. Konselor juga memberikan informasi kepada residen tentang dampak buruk narkoba seperti merusak kesehatan fisik, merusak ingatan dengan merusak struktur otak, dan memberikan kerusakan dampak panjang kesehatan mental. Konselor dalam memberikan layanan informasi berperan sebagai sahabat dan keluarga bagi residen. Kata Kunci :Konselor, Layanan Informasi, penyalagunaan Narkoba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:36
Last Modified: 18 Jul 2023 01:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73404

Actions (login required)

View Item View Item