Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN MESIN PELLET IKAN BERBAHAN DASAR MAGGOT MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING (STUDI KASUS: TAMBAK IKAN LELE EDI SARWONO)

MUHAMMAD HALIM, - (2023) PENGEMBANGAN MESIN PELLET IKAN BERBAHAN DASAR MAGGOT MENGGUNAKAN METODE VALUE ENGINEERING (STUDI KASUS: TAMBAK IKAN LELE EDI SARWONO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
repositori muhammad halim 11950213392.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)

Abstract

Mesin pellet ikan FA0622 merupakan mesin pembuat pakan ikan ciptaan mahasiswa UIN SUSKA Riau, dengan ukuran pellet 4 mm, sedangkan peternak ikan juga membutuhkan ukuran 1 mm, 2 mm, dan 3 mm untuk memenuhi kebutuhan budidaya pembesaran ikan lele berdasarkan usia ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mesin pellet FA0622 yang terintegrasi, efektif dan efisien menggunakan metode value engineering. Pengumpulan data dimulai dengan observasi alat, wawancara kepada seorang peternak lele didesa Hang Tuah dan uji coba alat sehingga diidentifikasi beberapa hal yang bisa dikembangkan seperti proses penghalusan maggot dan kepala ikan teri yang belum terintegrasi, ukuran corong kurang lebar sehingga menyebabkan adonan berserakan diluar corong, masih adanya potensi bahaya saat memasukan adonan karena tidak adanya alat bantu dorong dan tidak adanya penutup pengadukan. Metode Value Engineering meliputi tahap informasi, tahap kreativitas, tahap analisa, tahap pengembangan, tahap pengujian dan persentasi. Pengujian ukuran pellet dengan mekanisme mesin FA0622 belum mampu menghasilkan ukuran pellet ukuran 1 mm dan 2 mm. Sehingga dilakukan perubahan mekanisme mesin yang mampu menghasilkan pellet ukuran 1 mm, 2 mm, 3 mm dan 4 mm. Setelah dilakukan pengembangan menggunakan metode value engineering dihasilkan mesin FA-MH0622 yang saling terintegrasi antara penghalusan maggot dan kepala ikan teri, efektifitas hasil rancangan dengan mempermudah penggunaan mesin serta lebih aman, Dan mampu menghasilkan mesin pellet ukuran 1 mm, 2 mm, 3 mm, 4 mm, dengan efisisensi waktu 25% dibanding mesin FA0622. Kata Kunci: Efektif Dan Efisien, Integrasi, Mesin Pellet Ikan., Metode Value Engineering

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 20 Jul 2023 01:32
Last Modified: 20 Jul 2023 01:32
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73400

Actions (login required)

View Item View Item