Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS MANFAAT PENGALAMAN PRAKERIN DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA MEMASUKI DUNIA KERJA (STUDI KASUS SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMKN 1 BUNUT)

EGA ASRUNI, - (2023) ANALISIS MANFAAT PENGALAMAN PRAKERIN DALAM MEMPERSIAPKAN SISWA MEMASUKI DUNIA KERJA (STUDI KASUS SISWA KELAS XII AKUNTANSI SMKN 1 BUNUT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FUL KECUALI BAB IV EGA ASRUNI.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
SKRIPSI BAB IV EGA ASRUNI.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (917kB)

Abstract

ABSTRAK Ega Asruni (2023) : Analisis Manfaat Pengalaman Prakerin dalam Mempersiapkan Siswa Memasuki Dunia Kerja (Studi Kasus Siswa Kelas XII Akuntansi SMKN 1 Bunut) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman prakerin dalam mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja kelas XII Akuntansi SMKN 1 Bunut, Kec. Bunut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi SMKN 1 Bunut. Sedangkan objek penelitian ini adalah analisis pengalaman prakerin dalam mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja. Penentuan informan penelitian ini adalah menggunakan teknik puposive sampling dengan jumlah 23 siswa dan informan tambahannya adalah kepala sekolah dan guru pembimbing prakerin akuntansi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dari penelitian ini yaitu, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pengalaman prakerin siswa kelas XII Akuntansi SMKN 1 Bunut meliputi indikator menyediakan kesempatan kepada peserta untuk melatih keterampilan-keterampilan manajemen dalam situasi lapangan yang aktual, memberikan pengalaman-pengalaman praktis kepada peserta sehingga hasil pelatihan bertambah luas, peserta berkesempatan memecahkan berbagai masalah manajemen di lapangan dengan mendayagunakan kemampuannya, dan mendekatkan dan menjembatani penyiapan peserta untuk terjun ke bidang tugasnya setelah menempuh program pelatihan tersebut, diperoleh bahwa indikator menyediakan kesempatan kepada peserta untuk melatih keterampilan-keterampilan manajemen dalam situasi lapangan yang aktual lebih tinggi dibandingkan indikator lainnya dengan kategori secara keseluruhan tergolong sangat baik. Kata Kunci : Analisis, Manfaat Pengalaman Prakerin, Kesiapan Kerja, dan Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:48
Last Modified: 17 Jul 2023 07:48
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73399

Actions (login required)

View Item View Item