Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERAMALAN DAN PERHITUNGAN NILAI EKONOMI PADA PEMANFAATAN LIMBAH ROTI SEKARSARI UNTUK PERAKITAN PIRANTI SUPERKAPASITOR

Refky Refanza, - (2023) ANALISIS PERAMALAN DAN PERHITUNGAN NILAI EKONOMI PADA PEMANFAATAN LIMBAH ROTI SEKARSARI UNTUK PERAKITAN PIRANTI SUPERKAPASITOR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

[img]
Preview
Text
File Lengkap Kecuali BAB IV dan BAB V Refky.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB 4)
File BAB IV dan BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (791kB)

Abstract

Karbon aktif yang menggunakan limbah olahan sebagai bahan dasar elektroda superkapasitor merupakan hal baru didalam penelitian tentang elektroda superkapasitor. Potensi superkapasitor biasanya hanya diukur secara kinerja baik melalui nilai kapasitansi, maupun nilai pada energi. Namun, masih sedikit penelitian yang membahas tentang ekonomi industri dari superkapasitor tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dibuat dari eksperimen pengolahan limbah yang kemudian dijadikan bahan baku elektroda superkapasitor, dan juga membahas dari sisi analisis biaya. Analisis biaya yang digunakan berupa klasifikasi komponen biaya, perhitungan harga pokok produksi (HPP) menggunakan variable costing, perhitungan harga jual, dan perhitungan break even point (BEP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya bahan baku sebesar Rp. 63.040.416, biaya tenaga kerja langsung Rp. 108.000.00, biaya overhead pabrik Rp. 90.879.000. Berdasarkan biaya-biaya tersebut, dihasilkan harga pokok produksi Rp.17.050 / unit, kemudian ditambahkan dengan laba yang diinginkan 30%, sehingga harga jual superkapasitor per unitnya adalah Rp. 22.166. BEP yang digunakan yaitu BEP unit dan BEP Rupiah dengan masing-masing hasilnya adalah 7.282 Unit dan Rp. 161.416.679.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:41
Last Modified: 18 Jul 2023 01:41
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73397

Actions (login required)

View Item View Item