Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

DAMPAK PELAKSANAAN PROGRAM DESA MAJU INDRAGIRI HILIR JAYA (DMIJ) PLUS TERINTRGRASI DALAM MENINGKATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA SUNGAI INTAN KECAMATAN TEMBILAHAN HULU KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

ASTI ZUHESTI HASIBUAN, - (2023) DAMPAK PELAKSANAAN PROGRAM DESA MAJU INDRAGIRI HILIR JAYA (DMIJ) PLUS TERINTRGRASI DALAM MENINGKATAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI DESA SUNGAI INTAN KECAMATAN TEMBILAHAN HULU KABUPATEN INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB V.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nama : Asti Zuhesti Hasibuan Nim : 11675202249 Judul : Dampak Pelaksanaan Program Desa Maju Indragiri Hilir Jaya (DMIJ) Plus Terintegrasi Dalam Meningkatkan Pemberdayan Masyarakat Desa Sungai Intan Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dampak dari pelaksanaan Program Desa Maju Indragiri Hilir Jaya (DMIJ) Plus Terintegrasi di Desa Sungai Intan. Penelitian ini menggunakan indikator berdasarkan Peraturan Daerah No. 05 Tahun 2015 tentang Program Desa Maju Indragiri Hilir Jaya yang dibagi dalam dua aspek, yakni Aspek Ekonomi dan Aspek Sosial Budaya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan teknik pengumpulan data didasarkan pada observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan temuan penelitian dalam pelaksanaan Program Desa Maju Indragiri Hilir Jaya (DMIJ) Plus Terintegrsi di Desa Sungai Intan telah dilaksanakan dengan baik, dimana penganggaran kegiatan yang telah ditetapkan sesuai dengan realisasi yang disusun dalam bentuk Laporan Realisasi Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa Sungai Intan. Berdasarkan hasil dari indikator penelitian maka dampak Program DMIJ Plus Terintegrasi Di Desa Sungai Intan dilihat dari dampak positif dan negatif. Dampak positif dari pelaksanaan program adalah meningkatnya keterlibatan masyarakat dalam perencanaan dan pelaksanaan program, peningkatan kapasitas masyarakat yang berkelanjutan, masyarakat yang lebih mandiri dan membantu pemerintah dan masyarakat menggali potensi desanya sendiri. Dan dampak negatif dari penjalanan program adalah terjadinya fluktuasi anggaran. Kata Kunci: Dampak, Program Desa Maju Indragiri Hilir Jaya (DMIJ), Pemberdayaan, Desa Sungai Intan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:55
Last Modified: 17 Jul 2023 06:56
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73394

Actions (login required)

View Item View Item