Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP FOTO PRODUK ONLINE SHOP YANG DIGUNAKAN PIHAK LAIN DI INSTAGRAM UNTUK KEPENTINGAN KOMERSIAL BERDASARKAN UNDANG–UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (Studi Kasus pada Online Shop Mellbrush, Notyourcompany, dan PMcollection.pku di Kota Pekanbaru)

NURUL KHAIRIAH, - (2023) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP FOTO PRODUK ONLINE SHOP YANG DIGUNAKAN PIHAK LAIN DI INSTAGRAM UNTUK KEPENTINGAN KOMERSIAL BERDASARKAN UNDANG–UNDANG NOMOR 28 TAHUN 2014 TENTANG HAK CIPTA (Studi Kasus pada Online Shop Mellbrush, Notyourcompany, dan PMcollection.pku di Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL KHAIRIAH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK NURUL KHAIRIAH, (2022) : Perlindungan Hukum Terhadap Hasil Foto Produk Online Shop yang Digunakan Pihak Lain di Instagram untuk Kepentingan Komersial Berdasarkan Undang Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta (Studi Kasus pada Online Shop Mellbrush, Notyourcompany, dan PMcollection.pku di Kota Pekanbaru). Penelitian ini dilatar belakangi oleh Penggunaan foto produk milik Online Shop mellbrush, PMcollection.pku, dan notyourcompany oleh toko online lain yang bukan bagian dari reseller maupun distributor resmi yang terdaftar, padahal pengaturan hukum atas karya fotografi yang diunggah demi kepentingan komersial tanpa izin pencipta, telah diatur dalam Undang Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Larangan dalam memperbanyak atau menggunakan suatu karya cipta termasuk karya fotografi demi kepentingan komersial tanpa izin pencipta atau pemegang hak cipta juga sudah diatur dalam pasal 9 ayat (3) Undang Undang Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Hal tersebut menarik untuk dikaji mengenai penggunaan tanpa izin untuk kepentingan komersial karya cipta orang lain mengacu pada hak cipta seseorang yang mengakui pencipta sebagai pemilik hak tertinggi. Pencipta memiliki hak alamiah untuk memanfaatkan ciptaannya dan mempertahankan ciptaannya terhadap gangguan apapun dari pihak lain. Jenis penelitian hukum yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris (empirical legal research), penelitian yuridis empiris itu mengkaji hukum dilakukan dengan cara memadukan bahan-bahan hukum (yang merupakan data sekunder) dengan data primer yang diperoleh di lapangan. Adapun metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah Pendekatan kualitatif. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu mengambil sampel yang dianggap mengetahui sehingga memudahkan peneliti menjelajahi objek. Bentuk perlindungan terhadap pencipta atas suatu pelanggaran terhadap Hak Cipta yang dimilikinya dapat berupa upaya preventif dan represif. Kedua upaya penegakan perlindungan hukum bagi pelanggaran atas Hak Cipta tersebut masih menemui kendala karena adanya budaya saling memaafkan akan pelanggaran Hak Cipta, anggapan bahwa jalur litigasi menjadi jalur yang menakutkan serta ketidaktahuan masyarakat dalam hal ini pemilik Online Shop akan Undang-Undang Hak Cipta serta hak-hak yang melekat di dalamnya. Kata Kunci : Perlindungan Hukum, Hak Cipta Karya Fotografi, Foto Produk Online Shop.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:21
Last Modified: 17 Jul 2023 07:21
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73392

Actions (login required)

View Item View Item