Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENENTUAN KRITERIA PRIORITAS DARI KUALITAS PELAYANAN DI SUPERMARKET MILLENIUM LALAK MENGGUNAKAN METODE DEMATEL (DECISION MAKING TRIAL AND EVALUATION LABOLATORY)

LISA, - (2023) PENENTUAN KRITERIA PRIORITAS DARI KUALITAS PELAYANAN DI SUPERMARKET MILLENIUM LALAK MENGGUNAKAN METODE DEMATEL (DECISION MAKING TRIAL AND EVALUATION LABOLATORY). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR FUL KECUALI BAB IV DAN BAB V LISA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN BAB V)
TUGAS AKHIR BAB IV DAN V LISA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)

Abstract

PENENTUAN KRITERIA PRIORITAS DARI KUALITAS PELAYANAN DI SUPERMARKET MILLENIUM LALAK MENGGUNAKAN METODE DEMATEL (DECISION MAKING TRIAL AND EVALUATION LABOLATORY) LISA 11652203612 Tanggal Sidang : 5 Juli 2023 Tanggal Wisuda : Jurusan Teknik Industri Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Kualitas pelayanan yang diberikan suatu jasa kepada konsumen berdampak baik bagi perkembangan usaha. Penelitian ini dilakukan di Supermarket Millenium Lalak yang mana perusahaan tersebut merupakan sebuah bentuk bisnis ritel jasa yang secara langsung berinteraksi dengan konsumen. Permasalahan yang terjadi pada perusahaan tersebut yaitu belum diketahui indikator-indikator kualitas pelayanan yang berakibatkan terjadinya ketidakpuasan yang dirasakan konsumen dan belum diketahui kriteria kualitas pelayanan yang akan ditingkatkan terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator-indikator dari kualitas pelayanan dengan menggunakan metode importance performance analisys (IPA) dan untuk mengetahui kriteria prioritas dari kualitas pelayanan dengan menggunakan metode DEMATEL (Decision Making Trial and Evaluation Labolatory). Penelitian ini diawali dengan pengumpulan data tentang tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan dari kualitas pelayanan yang kemudian diolah menggunakan metode importance performance analisys untuk mengetahui gap yang terjadi antara tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan kualitas pelayanan. Kemudian dilakukan pengumpulan data tentang keterkaitan antar kriteria yang telah diperoleh sebelumnya. Selanjutnya dilakukan perhitungan DEMATEL untuk mengetahui kriteria prioritas. Berdasarkan analisa yang dilakukan bahwa kesegaran produk seperti ikan, buah dan sayuran memiliki nilai terbesar yaitu 0,763 yang menunjukkan bahwa kriteria yang paling mempengaruhi kriteria yang lainnya dan sangat berpengaruh meningkatkan kualitas pelayanan. Hasil penelitian ini merupakan bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan bagi perusahaan. Agar hasil dari penelitian ini lebih dipercaya, ada baiknya penelitian selanjutnya melakukan metode yang berbeda Kata Kunci: DEMATEL, Importance Performance Analisys, Indikator Kualitas Pelayanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:02
Last Modified: 17 Jul 2023 03:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73384

Actions (login required)

View Item View Item