Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

OPTIMALISASI KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAD 21 GURU MADRASAH ALIYAH DI KECAMATAN TEBING TINGGI BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI

SURYOTO, SRT (2023) OPTIMALISASI KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAD 21 GURU MADRASAH ALIYAH DI KECAMATAN TEBING TINGGI BARAT KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
TESIS SURYOTO TANPA BAB IV ok.pdf

Download (11MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURYOTO BAB IV ok - Copy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dunia pada abad 21 ini tengah memasuki era baru, bukan hanya sekedar mengalami globalisasi, akan tetapi telah berkembang menjadi era revolusi industri 4.0. Saat era baru di mulai, pendidikan tidak tertumpu hanya pada seberapa besar pengetahuan yang kita dapat di dalam kelas, akan tetapi diharuskan untuk memiliki keterampilan- keterampilan yang mendukung. Oleh karena itu sangat diperlukan keterampilan abad 21 yang meliputi keterampilan 4C (keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan kolaborasi dan keterampilan komunikasi) sehingga peserta didik siap menghadapi tantangan di masa yang akan datang. Untuk itu guru memiliki peranan yang penting sebagai fasilitator yang dapat mengarahkan peserta didiknya agar siap menghadapi abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan abad 21 pada guru di Madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan instrumen berbentuk obsevasi dan wawancara. Responden merupakan alumni dari berbagai perguruan tinggi . Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara . Hasil penelitian menunjukkan penerapan keterampilan berpikir kritis guru memiliki persentase sebesar 77,00% (baik), sementara itu penerapan keterampilan berpikir kreatif guru memiliki persentase rata-rata sebesar 78,00% (baik), diikuti dengan penerapan keterampilan komunikasi guru memiliki persentase rata-rata sebesar 84,50% (baik), serta penerapan keterampilan kolaborasi guru memiliki persentase rata-rata sebesar 88,00% (sangat baik). sehingga, dapat disimpulkan bahwa, penerapan keterampilan abad 21 oleh guru di madrasah aliyah se Kecamatan Tebing Tinggi Barat sudah sangat baik dengan persentase rata-rata sebesar 81,86%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:02
Last Modified: 14 Jul 2023 04:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73382

Actions (login required)

View Item View Item