Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS IV MI Al- IKHWAN PEKANBARU

NURUL PUTRIA, - (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPS DI KELAS IV MI Al- IKHWAN PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (914kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL PUTRIA.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Putria, ( 2023 ) : Penerapan Model Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa pada Muatan Pelajaran IPS Dikelas IV MI Al - Ikhwan Pekanbaru Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan percaya diri siswa melalui penerapan model pembelajaran peer teaching pada muatan pelajaran IPS di kelas IV MI Al - Ikhwan Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakkan kelas. Subjek dalam penelitian adalah 1 orang guru dan 26 orang siswa. Objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Peer Teaching dan percaya diri siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis deskriptif kualitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa penerapan model peer teaching dapat meningkatkan percaya diri siswa. Hal ini diketahui sebelum tindakan percaya diri siswa diperoleh dengan persentase 38,84% atau berada pada kategori kurang. Pada siklus I diperoleh percaya diri siswa dengan persentase 52,88% berada pada kategori cukup baik. Pada siklus II diperoleh percaya diri siswa dengan persentase 87,09% berada pada kategori sangat baik. Artinya penelitian ini sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran peer teaching dapat meningkatkan percaya diri siswa pada muatan pelajaran IPS kelas IV di IV MI Al - Ikhwan Pekanbaru. Kata Kunci: Model Pembelajaran Peer Teaching, Percaya Diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:58
Last Modified: 17 Jul 2023 06:58
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73365

Actions (login required)

View Item View Item