Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA SAINS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA SMP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA

REKA NURWAHIDA, - (2023) PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA SAINS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA SMP PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI REKA NURWAHIDA.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Reka Nurwahida, (2023): Pengembangan Permainan Ular Tangga Sains Sebagai Sebagai Media Pembelajaran IPA SMP/MTs Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya variasi media pembelajaran yang yang menarik dan menyenangkan pada pembelajaran IPA di MTs N 8 Kampar. Pembelajaran IPA lebih banyak menggunakan media pembelajaran berupa PPT, LKPD, video, gambar, teka-teki silang, dan puzzle. Guru IPA belum pernah menggunakan media pembelajaran yang menarik dan menyenangkan berupa permainan ular tangga sebagai media pembelajaran IPA. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan permainan ular tangga sains sebagai media pembelajaran IPA SMP/MTs pada materi sistem pernapasan manusia yang memenuhi kriteria valid dan praktis, serta mengetahui respon peserta didik terhadap media. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) model pengembangan Sugiyono (2019). Langkah penelitian ini dibatasi sampai langkah ketujuh yaitu revisi produk, hal ini dikarenakan oleh keterbatasan peneliti. Data pada penelitian ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil validitas produk permainan ular tangga sains sudah dinyatakan valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli media memperoleh nilai sebesar 70%, ahli materi pembelajaran memperoleh nilai sebesar 66% dan ahli bahasa memperoleh nilai sebesar 90% sangat valid. Selain itu tingkat praktikalitas oleh guru yang dinyatakan sangat praktis untuk digunakan kepada peserta didik dalam pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 93%. Serta mendapat respon sangat baik dari 25 pserta didik kelas VIII di MTs N 8 Kampar dengan memperoleh nilai sebesar 85% terhadap permainan ular tangga sains sebagai media pembelajaran IPA SMP/MTs pada materi sistem pernapasan manusia. Berdasarkan penilaian ahli dan uji terbatas, permainan ular tangga sains sebagai media pembelajaran IPA SMP/MTs pada materi sistem pernapasan manusia layak digunakan dalam pembelajaran IPA. Melihat hasil penelitian tersebut, peneliti merekomendasikan perlunya sekolah atau guru dapat menggunakan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran IPA di SMP/MTs agar dapat membuat pembelajaran menarik dan menyenangkan. Kata kunci : media pembelajaran, permainan ular tangga, IPA, sistem pernapasan manusia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:38
Last Modified: 18 Jul 2023 01:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73364

Actions (login required)

View Item View Item