SAMIRA ANATHA SYAZA, - (2023) Strategi Pengembangan Usaha pada UMKM SHE’S Kitchen dengan Pendekatan SOAR Analysis dan Business Model Canvas (BMC). https://ejurnal.umri.ac.id/index.php/JST, 10 (1). pp. 616-624. ISSN 2354-6751
|
Text
Repository_Samira Anatha Syaza_11850224987.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
Text
5029 Download (36kB) |
Abstract
Data Kementrian Koperasi UMKM dan UB (Usaha Besar) tahun 2018 menunjukkan peningkatan jumlah UMKM dengan persentase 0,98% sebesar 64.199.606 dan pada tahun 2019 berkembang menjadi 65.471.134. Peningkatan jumlah UMKM ini menjadi alasan pentingnya strategi pemasaran oleh UMKM agar dapat menembus persaingan pasar yang semakin banyak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pengembangan usaha di UMKM SHE’S Kitchen menggunakan metode SOAR (Strength, Opportunities, Aspirations, and Result) dan BMC (Business Model Canvas). SOAR merupakan sebuah metode baru mengenai perencanaan strategis yang mengidentifikasi dan menganalisa suatu kekuatan dan peluang sehingga dapat menghasilkan aspirasi, tujuan, strategi, dan komitmen agar mendapatkan hasil yang diinginkan oleh perusahaan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk untuk memberikan usulan BMC serta desain transformasi bisnis yang tepat untuk dikembangkan di UMKM SHE’S Kitchen. Hasil penelitian ini memperoleh 10 strategi alternatif berdasarkan analisis Matriks SOAR dan terdapat penambahan 6 komponen strategi BMC yaitu pada Key Resource, Value Proposition, Customer Relationship, Customers Segments, dan Revenue Stream.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri |
Depositing User: | fsains - |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 06:04 |
Last Modified: | 17 Jul 2023 06:04 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73353 |
Actions (login required)
View Item |