Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMK/MAK

TITIN MARDIANINGSIH, - (2023) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMK/MAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Titin Mardianingsih, (2023): Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK/MAK. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta di lapangan yang menunjukkan masih rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang menggunakan pembelajaran pendekatan Blended Learning dengan siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalent control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK YPPI Tualang. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X TKJ 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes yang berupa soal tes Pretest dan Posttest kemampuan koneksi matematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Blended Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. 2) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Blended Learning dengan siswa yang mengikutu pembelajaran langsung. Berdasarkan hasil rata-rata Post-test siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan Blended Learning lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran langsung. Sehingga, pembelajaran dengan pendekatan Blended Learning efektif digunakan. Kata Kunci: Pendekatan Blended Learning, Kemampuan Koneksi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:43
Last Modified: 17 Jul 2023 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/73350

Actions (login required)

View Item View Item